Kasdam Tutup TMMD ke-103 Kodim 1202/Singkawang

Kasdam Tutup TMMD ke-103 Kodim 1202/Singkawang

  Kamis, 15 November 2018 10:00
Penutupan: Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi yang diwakili oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D. Tuejeh saat mempimpin upacara penutupan TMMD, Selasa (13/11).

Berita Terkait

BENGKAYANG--Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi yang diwakili oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D. Tuejeh pimpin Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 Kodim 1202/Singkawang yang dilaksanakan di Desa Tanjung, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang, Selasa (13/11).

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasi TMMD ke-103 dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D. Tuejeh mengucapkan, terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, Instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat, yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI, mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-103 tersebut.

Dikatakan juga oleh Kasad, Jenderal TNI Mulyono bahwa semangat kebersamaan itulah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan Bangsa yang harus terus dibangun serta dipelihara. Kemanunggalan TNI dengan Rakyat merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan Bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

Dijelaskan juga, pelaksanaan TMMD ke-103 diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan non fisik. Pada pelaksanaan TMMD kali ini  mempunyai misi khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi, serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dengan prajurit TNI.

Kasad, Jenderal TNI Mulyono juga berpesan untuk mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat, agar meningkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi dari semangat gotong royong, serta selalu memelihara hasil-hasil program TMMD ke-103 dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat.

“Teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing, serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya,” tegas Kasad.

Pada TMMD ke-103 Kodim 1202/Skw telah berhasil membangun secara fisik sebanyak 4 unit jembatan ukuran 4x6 Meter, melaksanakan rabat beton sepanjang 95 meter serta pembukaan  jalan sepanjang 7 Kilometer, berhasil merehab dua buah gereja selain itu juga melaksanakan renovasi pada Kantor Desa dan Perpustakaan. Kesuksesan pelaksanaan program TMMD di Desa Tanjung tidak terlepas dari adanya dukungan penuh dari warga, yang selalu turut serta bergotong royong membantu Satgas TMMD ke-103 Kodim 1202/Skw.

Untuk pembangunan non fisik juga telah dilaksanakan berbagai macam penyuluhan diantaranya, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan Terorisme dan radikalisme, penyuluhan Narkoba, KB Kesehatan serta penyuluhan pertanian.

Dalam kegiatan penutupan TMMD ke-103 Kodim 1202/Skw juga dilaksanakan pembagian paket sembako kepada masyarakat yang diberikan secara simbolis oleh Kasdam XII/Tpr, Brigadir Jenderal TNI Alfret Denny D. Tuejeh, selain itu dilaksanakan Bakti Sosial. Usai menutup program TMMD Kasdam XII/Tpr, langsung meninjau hasil pengerjaan sasaran TMMD. Hadir dalam acara Pati LO Kemenkes RI, Danrem 121/Abw, Para Asisten Kasdam XII/Tpr, Para Komandan dan Kabalak Kodam XII/Tpr, Para Kasi Korem 121/Abw, Danlanud Harry Hadi Sumantri dan Forkopimda Kab. Bengkayang. (har) 

Berita Terkait