Karolin, Sosok Calon Gubernur Paling Unik

Karolin, Sosok Calon Gubernur Paling Unik

  Senin, 11 June 2018 14:58
KAMPANYE: Karolin saat berkampanye di Pontianak.

Berita Terkait

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat 2018 tinggal menghitung hari. Berikut ini dipaparkan serba singkat serba-serbi yang menyertainya: 

1. Kandidat Perempuan Pertama
Pilkada Gubernur kali ini unik sendiri. Kemunculan tokoh perempuan baru kali ini terjadi, sejak provinsi ini terbentuk pada 1957. Karolin Margret Natasa (36), putri sulung mantan Gubernur Cornelis tampil bersama pasangannya, Suryadman Gidot. Karolin pernah menjadi anggota DPR RI dua periode, kemudian menjadi Bupati Kabupaten Landak, juga sebagai perempuan pertama di posisi itu. Sepanjang sejarah politik lokal, baru Karolin sendiri perempuan yang berani mencalonkan diri sebagai gubernur. 

2. Memilih Gubernur yang ke-11
Sejak provinsi ini dimekarkan dari Provinsi Kalimantan menjadi Kalimantan Barat pada 1957, sudah memiliki 10 gubernur. Sembilan gubernur pertama dipilih oleh secara kolektif-kolegial melalui sidang paripurna DPRD, sebagaimana mekanisme yang umum pada masa Orde Baru. Gubernur ke-10, Cornelis, merupakan gubernur pertama buah reformasi, dengan cara pemilihan langsung oleh rakyat. Tahun 2018 ini, rakyat Kalimantan Barat memilih gubernur ke-11. 

3. Dilaksanakan pada 27 Juni
Pilkada akan digelar pada 27 Juni 2018 untuk periode 2018-2023. Pastikan Anda terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap(DPT) untuk memastikan nama anda dan anggota keluarga anda sudah tercantum di sana. Satu suara sangat menentukan nasib daerah ini. Jangan sampai anda kehilangan hak pilih. 

4. Pemilihan Langsung yang Ketiga Kali
Sepanjang sejarah sejak terbentuknya Provinsi Kalimantan Barat, Pilkada langsung mulai digelar pada 2008, ketika Cornelis menjadi satu di antara kandidat gubernur dan menang untuk dua periode. Pada masa sebelumnya, gubernur dan wakil gubernur dipilih oleh anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat. Maka tahun 2018 ini merupakan Pilkada langsung yang digelar untuk ketigakalinya. 

5. Tiga Pasang Kandidat
Ada tiga pasang kandidat yang bertarung dalam Pilgub 2018. Sesuai nomor urut, mereka adalah Milton Crosby-Boyman Harun (1), Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot (2), Sutarmidji-Ria Norsan (3). Ketiga kandidat diusung oleh gabungan partai politik. Tidak ada yang diusung oleh partai politik tunggal. Pada masa pendaftaran bakal calon, sempat muncul pasangan dari jalur perseorangan, yaitu Kartius-Pensong, namun dalam proses selanjutnya mereka tidak lolos. 

6. Pertarungan Para Kepala Daerah
Ketiga kandidat gubernur dan wakil gubernur yang bertarung pada Pilkada 2018 merupakan kepala daerah aktif maupun yang sudah mantan. 
Milton Crosby pernah menjadi Bupati Sintang dua periode. Wakilnya, Boyman Harun pernah menjadi Wakil Bupati Ketapang. 
Karolin Margret Natasa saat ini menjadi Bupati Landak, dan wakilnya Suryadman Gidot pernah menjadi Bupati Bengkayang dua periode. 
Sutarmidji pernah menjadi Wali Kota Pontianak dua periode, dan Ria Norsan menjadi Bupati Mempawah dua periode. 

7. Enam Pilkada Serentak di Kalimantan Barat
Di Kalimantan Barat ada enam daerah yang menggelar Pilkada serentak pada 27 Juni 2018. Pilkada digelar di level provinsi untuk posisi gubernur dan wakil gubernur. Kemudian di Kota Pontianak untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Dan di empat kabupaten untuk Bupati dan Wakil Bupati, yakni di Sanggau, Kayong Utara, Mempawah, dan Kubu Raya. 

8. Di Indonesia, 171 Pilkada Serentak
Secara nasional, pilkada serentak yang dilakukan pada 27 Juni terjadi di 171 daerah, termasuk di Kalimantan Barat. (*)
 

Berita Terkait