Karolin Pastikan Bantuan Alsintan Bagi Petani

Karolin Pastikan Bantuan Alsintan Bagi Petani

  Rabu, 13 June 2018 13:10
KOMPAK: Warga tampak kompak mendukung Karolin dengan acungkan salam dua jari.

Berita Terkait

PETANI memerlukan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang memadai agar produksinya meningkat. Alsintan ini harus difasilitasi oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat dengan program bantuan untuk sektor pertanian. Hal ini penting untuk mendorong mekanisasi pertanian bisa berjalan dengan baik. 

Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut dua, dr. Karolin Margret Natasa berkomitmen untuk membantu petani agar hasil produksi pertaniannya meningkat. “Petani perlu bantuan program yang menggairahkan semangat untuk meningkatkan hasil pertanian. Bantuan alat dan mesin pertanian sangat penting untuk menuju swasembada pangan di daerah ini,” kata Karolin ketika bertemu sejumlah petani di Kabupaten Kubu Raya pada Maret lalu. 

Karolin menjelaskan bahwa mekanisasi pertanian merupakan suatu ilmu tentang penggunaan alat dan mesin untuk aktivitas pertanian (alsintan). “Alat dan mesin pertanian yang digerakkan baik dengan tenaga manusia, tenaga hewan, tenaga motor maupun tenaga mekanis lainnya,” terang dia. Di negara berkembang, tambah cagub nomor urut 2 ini, pengembangan sektor pertanian terutama penerapan mekanisasi pertanian sudah lama diterapkan.

“Di Indonesia juga sudah memulai. Tinggal yang kita inginkan, ada pemahaman yang merata di setiap petani khususnya di Kalbar termasuk di Kecamatan Terentang ini,” katanya. Menurut dia, antara pertanian yang dikelola secara tradisional dengan sistem yang lebih modern, tentu saja hasilnya akan jauh berbeda.

Maju bersama Suryadman Gidot dalam Pilgub Kalbar 2018, Karolin memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan sektor pertanian di Kalbar. “Pertanian merupakan salah satu dari tujuh program prioritas yang akan kita jalankan saat dipercayakan masyarakat Kalbar untuk memimpin provinsi ini nanti. Makanya, salah satu upaya untuk meningkatkan potensi pertanian tersebut, adalah dengan mekanisasi pertanian," ujarnya.(tim)

Berita Terkait