Kapolri ingin Banyak Polwan seperti Basaria Panjaitan

Kapolri ingin Banyak Polwan seperti Basaria Panjaitan

  Kamis, 1 September 2016 11:11
Inspektur Jenderal (purn) Basaria Pandjaitan

Berita Terkait

JAKARTA -- Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian bangga karena salah satu polisi wanita terbaik, Inspektur Jenderal (purn) Basaria Panjaitan bisa menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Saya bangga dengan adanya Bu Basaria, salah satu aset kita yang juga jenderal bintang dua menjadi wakil ketua KPK," ujar Tito di Mabes Polri, Kamis (1/9).

Basaria merupakan perempuan pertama yang tercatat berpangkat Irjen di institusi Polri. Polwan yang berpengalaman di bidang reserse ini juga merupakan perempuan pertama yang terpilih memimpin KPK pada Desember 2015 lalu. 

"Dia satu-satunya wanita dari lima orang komisioner KPK," kata Tito yang juga mantan Kapolda Papua dan Metro Jaya, itu. 

Tito menegaskan, kehadiran Basaria cukup banyak memberikan peran positif. Lulusan terbaik Akademi Kepolisian 1987 ini mencontohkan ketika terjadi perdebatan, Basaria bisa membuat suasana tegang menjadi santai. "Kalau yang lain berdebat lalu Bu Basaria dengan keibuannya semua jadi tenang," ujar jenderal bintang empat ini. 

Lebih lanjut Tito berharap lebih banyak lagi polwan berprestasi. Bahkan, ia menginginkan dalam waktu tidak lama lagi ada polwan yang menjadi kapolda. "Saya harapkan dalam waktu yang tidak lama lagi bisa itu," ujarnya. 

Selain Kapolda, Tito berujar, posisi-posisi yang rentan korupsi seperti reserse kriminal, direktorat lalu lintas hingga kepolisian resor bisa diisi polwan. Karenanya, ia mengajak kapolda lebih memberdayakan polwan untuk menjadi motor penggerak mengubah citra Polri. "Dengan harapan untuk mengubah semuanya, bukan ikut-ikutan," pungkas Tito. 

Seperti diketahui, 1 September 2016 merupakan Hari Ulang Tahun Polwan ke 68. (ody)

Berita Terkait