Kapolres Yakinkan Sintang Kondusif

Kapolres Yakinkan Sintang Kondusif

  Kamis, 23 May 2019 11:02
LANCAR: Tugu Adipura di Jalan Y.C Oevang Oeray, Baning Kota dilewati pengguna jalan, baik sepeda motor dan mobil, Rabu (22/5). Aktivitas lalu lintas ini sama seperti biasanya. Tidak ada yang berubah.

Berita Terkait

SINTANG - Kapolres Sintang, AKBP Adhe Hariadi menanggapi terkait penetapan siaga satu dilakukan di seluruh daerah yang ada di wilayah Indonesia. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam rangka penetapan penghitungan suara tanggal 21-22 Mei. "Untuk penetapan siaga satu merupakan perintah dari Kapolri yang dimulai dari masa penetapan hasil Pemilu tahun 2019 pada tanggal 21 Mei lalu hingga usai gugatan ke MK," ujarnya ketika ditemui di Polres Sintang usai pelaksanaan Sertijab Kasat dan Kapolsek di jajaran hukum Polres Sintang, Rabu (22/5).

Kapolres Sintang menyampaikan bahwa hingga hari ini suasana di Kabupaten Sintang masih kondusif. Dan dari hasil pantauan, pihaknya belum menemukan adanya warga yang bergerak ke Pontianak untuk mengikuti aksiĀ 

"Hasil pantauan kita, tidak ada rombongan yang pergi. Tidak tahu kalau yang berangkat sendiri-sendiri. Kita juga ada mengirimkan sejumlah anggota Polres untuk membantu pengamanan di Jakarta," katanya.

Kapolres Sintang mengatakan ada beberapa hal yang dilakukan untuk meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya kericuhan di Kabupaten Sintang salah satunya adalah melakukan Cipta Kondisi yang ditingkatkan.

"Anggota dipimpin langsung Kabag Ops melakukan cipta kondisi ke sejumlah THM, jalan dan beberapa tempat lainnya. Kita juga meningkatkan pengamanan di KPU, Bawaslu dan juga gudang logistik," tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Kapolres Sintang, pihaknya juga menggelar doa bersama dengan tujuan meminta perlindungan kepada Tuhan agar anggota TNI, Polri, masyarakat dan bangsa Indonesia selalu dalam lindunganNya.

"Kita lihat situasi berkembang dan memang suasananya agak memanas jadi kita ambil inisiatif untuk menggelar doa bersama agar petugas yang sedang berjuang disama selalu diberikan nikmat sehat dan seluruh warga maupun bangsa Indonesia selalu dalam perlindunganNya," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno meyakini bahwa situasi di Kabupaten Sintang akan tetap kondusif, aman dan damai. "Saya yakin masyarakat di Kabupaten Sintang sudah dewasa, mengerti demokrasi yang didalamnya kalah menang itu adalah hal yang biasa," katanya.

Bupati Sintang mengapresiasi pihak Polri TNI yang sudah mengamankan pelaksanaan pemilu dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sintang sehingga pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan baik

"Penyaluran aspirasi adalah hak namun harus dilakukan dengan cara yang baik. Untuk di Sintang, kami percaya kan hal tersebut kepada pihak keamanan," tutupnya. (fds)

Berita Terkait