Kapolres Mempawah Pecat Satu Anggotanya

Kapolres Mempawah Pecat Satu Anggotanya

  Rabu, 23 May 2018 10:00
COPOT SERAGAM: Upacara PTDH pada salah satu personil polisi di Mapolres Mempawah. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Satu Anggota Polres Mempawah, Bripka Erik Ade Putra Pinem menjalani upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) di Mapolres Mempawah, Selasa (22/5) pagi. Erik dipecat lantaran melanggar disiplin tak pernah masuk kantor diluar batas ketentuan Polri.

Upacara PTDH yang dipimpin langsung Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.Ik itu tanpa di hadiri Bripka Erik. Kehadirannya digantikan dengan foto dirinya yang dipajang oleh petugas dalam upacara tersebut.

“Saya sangat menyayangkan pemecatan terhadap Bripka Erik Ade Putra Pinem ini. Pelanggaran kode etik yang dilanggar oleh Bripka Erik yakni berkaitan dengan masalah disiplin kedinasan,” ungkap Kapolres.

Dalam proses pemecatan itu, menurut Kapolres telah melalui prosedur dan mekanisme yang berlaku. Salah satunya peringatan, pembinaan hingga sidang komisi kode etik Polri terhadap Bripka Erik Ade Putra Pinem. “Dalam proses persidangan komisi kode etik profesi Polri, Bripka Erik Ade Putra Pinem disangkakan telah melanggar pasal 14 ayat 1 huruf (b) PPRI No 1 tahun 2013 tentang pemberhentian anggota Polri,” ungkapnya.

Kasus ini, lanjut Kapolres merupakan peringatan keras bagi seluruh jajaran Polres Mempawah agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai abdi masyarakat dan negara. Setiap anggota Polri telah berkomitmen untuk melayani masyarakat dan negara dengan sepenuh hati. “Saya berharap kasus ini yang terakhir kalinya di Mapolres Mempawah. Jangan lagi ada personil yang mengalami hal yang sama,” pesannya.

Lebih jauh, Kapolres mengaku Polri tidak pernah merasa rugi dengan pemecatan terhadap anggota yang bermasalah. Sebab, perilaku oknum tersebut hanya akan mencoreng citra dan nama baik institusi kepolisian di masyarakat. “Polri tidak pernah kekurangan putra-putri bangsa yang ingin mengabdi untuk masyarakat dan negara ini. Setiap tahun, pendaftaran anggota baru selalu disambut antusias putra-putri terbaik. Maka, kami tidak akan rugi kehilangan satu personil,” pungkasnya.

Upacara PTDH tersebut juga disaksikan Waka Polres Mempawah, Kabag, Kasat, sejumlah perwira dan personil Polres Mempawah. (wah)

Berita Terkait