Kapolres Landak Cek Tahanan

Kapolres Landak Cek Tahanan

  Jumat, 11 May 2018 10:00
PANTAU: Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio memantau tahanan di Mapolres Landak, Kamis (10/5). MIFTAHUL KHAIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

NGABANG – Meski sedang libur libur, Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio memantau langsung keadaan tahanan di Mapolres Landak, Kamis (10/5). adapun yang menjadi sasaran prioritas pemeriksaan yaitu jumlah tahanan, keamanan tahanan, kesehatan serta barang-barang yang tidak boleh berada di dalam tahanan.

Sejumlah petunjuk dan arahan disampaikan kepada petugas jaga tahanan berkaitan dengan kesiapan petugas jaga, sarana dan prasarana diruang tahanan yang harus diperbaiki serta kekurangan-kekurangan yang harus ditambahkan.

Pada kesempatan itu, Bowo menyempatkan diri berdialog kepada setiap tahanan yang ada serta memberikan motivasi agar ke depan merencanakan hidup yang lebih baik dengan meninggalkan masa lalunya. "Secara kedinasan, tindakan ini sudah seharusnya saya lakukan. Namun sebagai pribadi, sesama umat Tuhan, rasanya perlu bagi saya untuk mengingatkan dan mengajak mereka agar menjadi lebih baik dan dapat menjadi teladan setidaknya dalam rumah tangganya," ungkap Bowo sambil menyalami satu persatu tahanan yang ada.

Selain itu, dalam pengecekan tersebut dilaksanakan di siang hari maupun di malam hari bukan karena mereka ingin berbuat yang tidak semestinya. Akan tetapi yang dikhawatirkan, kata Bowo adalah apabila salah satu dari mereka sakit dan sampai terlambat penanganannya. “Oleh karena itu sesuai SOP Kepolisian maka cek dalam ruang tahanan dilakukan secara rutin,” katanya.

Pengecekan tahanan berupa keamanan tahanan kesehatan para tahanan, dan juga barang – barang yang tidak diperbolehkan berada dalam tahanan seperti korek api, sarung, barang tajam, sendok besi dan barang berbahaya lainnya. “Saat dilakukan pengecekan tidak ditemukan barang berbahaya maupun barang terlarang berada di ruang tahanan dan secara umum kondisi kesehatan para tahanan dalam keadaan sehat,” pungkasnya. (mif)

Berita Terkait