Kapolda Kunjungi Pemangkat

Kapolda Kunjungi Pemangkat

  Sabtu, 3 March 2018 11:00
KUNJUNGAN: Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono SH MH saat disambut Ketua Panitia Tri Dharma. OZY/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PEMANGKAT - Kapolda Kalimantan Barat, berkunjung ke Kecamatan Pemangkat, Jumat (2/3). Orang nomor di korps Bhayangkara tersebut mendatangi Altar dan bertemu dengan Panitia Tri Dharma perayaan Imlek 2569 dan Cap Go Meh 2018.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono SH MH bersama rombongan, disambut Ketua Panitia Tri Dharma, Atong, Kapolres Sambas. Bersamaan dengan kedatangan Kapolda, sejumlah tatung sedang melaksanakan ritual cuci jalan.

Kapolda diajak ketua panitia Tri Dharma melihat altar serta lokasi panggung kehormatan. Kemudian Atong juga menjelaskan terkait jumlah tatung serta rute yang akan dilalui saat pawai tatung dilaksanakan. "Kami panitia Tri Dharma pada Jumat menerima kunjungan dari Kapolda Kalbar," kata Atong, Jumat (2/3).

Setelah Singkawang, sekitar 138 tatung akan beraksi dalam kegiatan pawai tatung Tri Dharma Pemangkat, Sabtu (3/3) mulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan tersebut juga diramaikan penampilan sejumlah barongsai dan naga.

Ketua Panitia Tri Dharma Pemangkat Perayaan Imlek dan CGM 2018, Siat Cin Cung alias Atong menyampaikan dalam pawai tatung, peserta pawai baik yang tatung tandu maupun tatung perorangan yang sudah mendaftar di panitia sekitar 138. “Pawai tatung akan dilaksanakan pada Sabtu, dan tahun ini ada sekitar 138 tatung yang ambil bagian,” kata Atong.

Pada Jumat (2/3), dimulai sekitar pukul 13.00 WIB, para tatung akan melaksanakan ritual bersih jalan. “Seperti pada pelaksanaan sebelumnya, akan ada ritual bersih jalan, sehari sebelum pelaksanaan Pawai,” katanya.

Rute pawai, mengambil start di Halaman Kelenteng Tri  Dharma Bumi Raya Pemangkat, kemudian menuju Jalan Merdeka, Jalan Banjar, Moh Hambal, Jalan Sejahtera, Jalan AKK, Jalan Pasar Ikan Lama, ke Jalan Moh Hambal yang kemudian finish di Altar Tri Dharma yang berada di Jalan Moh Hambal.

Setelah pelaksanaan Pawai Tatung, rangkaian Imlek dan CGM Tri Dharma, berlanjut pada 4 Maret 2018, yakni malam penutupan festival CGM ditandai dengan pembagian hadiah pemenang pawai lampion, tarian multi etnis, dan hiburan band.

Kapolsek Pemangkat, Kompol Agus Riyanto mengatakan pihak kepolisian bersama instansi terkait akan menempatkan personil di 19 tiitk persimpangan jalan sepanjang rute pawai tatung. Diantaranya Simpang Tiga jelutung Arah Singkawang, Simpang Empat Desa Pemangkat Kota, Simpang Empat Pos dan Giro, Koramil, Hotel Grand, BPD, Banjar, Kuala Pasar, Melayu, KTM, kemudian Simpang Tiga Penjajap, Kartini, Pasar Buah, Melati, H Saman, AKK-Pembangunan, AKK- Sejahtera. Kartini Sejahtera, Pangsuma - Pembangunan dan simpang Tiga Kompi.

Sejumlah kantong parkir juga telah disiapkan. Hal ini guna mempermudah warga yang akan menyaksikan pawai Tatung. Diantaranya di Jalan Nusantara dari Majid Agung sampai Pantai Sinam, kemudian di Jalan Kartini, terminal dan masih ada beberapa titik alternatif.

Rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus maupun buka tutup jalur akan dilaksanakan selama Pawai Tatung berlangsung. Kendaraan baik roda dua dan roda empat atau lebih, selama pelaksanaan Pawai Tatung yakni antara pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB yang akan ke Sambas dari arah Singkawang atau sebaliknya. Bisa masuk ke Desa Sui Lakum dan terus ke Desa Gugah Sejahtera. (fah)

Berita Terkait