Kampung Dua Tembakol Jagoan Lomba Desa ke Provinsi

Kampung Dua Tembakol Jagoan Lomba Desa ke Provinsi

  Rabu, 22 May 2019 12:02
KERAJINAN TANGAN: Wabup Ketapang, Suprapto S, melihat-lihat hasil kerajinan tangan, termasuk jajanan yang diproduksi oleh warga Tempurukan. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUNGAI AWAN – Kampung Dua Tembakol atau lebih dikenal Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan, menjadi jagoan Kabupaten Ketapang untuk mengikuti lomba desa ke tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Penilaian lomba desa tingkat provinsi digelar di halaman Kantor Desa Tempurukan pada Selasa (21/5).

Acara pembukaan lomba desa ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Suprapto S; dan rombongan serta Dinas Pemerintahan Desa Provinsi Kalbar yang diwakili Kabid Pemdes, Ahmad Salafuddin.

Dalam sambutanya Wabup Suprapto S, mengatakan, keikutsertaan Desa Tampurukan atau Desa Dua Tembakol ini dalam lomba desa tingkat Provinsi Kalbar, setelah menjadi juara satu pada lomba desa tingkat Kabupaten Ketapang. "Keberadaan Bumdes dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa hendaknya tidak sebatas untuk mengikuti lomba desa sebagai salah satu persyaratan, tapi kontribusinya  benar-benar dapat tumbuh

dan berkembang menuju desa mandiri," katanya.

Disamping itu, kata Suprapto, yang tak kalah penting adalah pelayanan kepada masyarakat di tingkat desa, merupakan aspek yang sangat penting yang tidak boleh disepelekan. Oleh karena itu, kepala desa dan perangkatnya, menurut dia, harus dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, seperti pelayanan administrasi desa yang diperlukan masyarakat.

Kepada TP PKK Kecamatan diharapkan dia juga dapat membina dengan baik PKK desa. Utamanya, menurut dia, dalam mengaktualisasikan 10 Program Pokok PKK yang juga merupakan salah satu hal penting dalam penilaian lomba desa ini. 

Lomba desa tingkat Provinsi Kalbar ini diwarnai dengan pameran produk lokal Desa Tempurukan, berupa produk  makanan minuman dan kerajinan tangan serta tanaman toga. Hadir juga dalam kesempatan tersebut unsur Forkompinda Ketapang, Muspika Muara Pawan, termasuk Camat Muara Pawan, Maisyier dan sejumlah kades, serta para pimpinan OPD lingkup Pemda Ketapang dan sejumlah undangan lainnya. (ser)

Berita Terkait