Kalbar Toreh Sejarah Baru

Kalbar Toreh Sejarah Baru

  Jumat, 5 July 2019 10:39

Berita Terkait

 Pastikan Raih Tujuh Medali,Tiga Cabang Diprediksi Juara Pertama

PONTIANAK—Kafilah Provinsi Kalimantan Barat mencatat sejarah baru dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Nasional Tahun 2019. Ini menjadi kali pertama Kalbar sukses meloloskan empat peserta di final dan dipastikan membawa pulang tujuh medali dengan tiga juara harapan.

Adapun empat peserta yang masuk babak final kemarin diantaranya, Malika Khaira Khalqillah di cabang Tilawah Anak-anak Putri dengan posisi peringkat ketiga. Faturrahman di cabang Tahfizh 10 Juz Putra dengan posisi peringkat ketiga. Rohidah di cabang Tahfizh 30 Juz Putri dengan posisi peringkat pertama. Dan Fuady Farid Albari di cabang Tahfizh Hadits 100 dengan Sanad Putra posisi peringkat ketiga. 

Salah satu pelatih Kafilah Kalbar Lukmanul Hakim mengungkapkan, untuk hasil final kemarin belum bisa diketahui sampai penutupan STQ pada hari ini (5/7). Namun melihat penampilan dari masing-masing peserta, ia optimis ada tiga cabang yang berpeluang merih emas atau peringkat pertama. 

Yakni di cabang Tahfizh 30 Juz Putri, Rohidah menurutnya memiliki peluang cukup besar menjadi yang pertama. "Karena lawannya yang satu kena bimbing, pengurangannya (poin) dua, kalau dia (Rohidah) hanya bel satu kali, terus lawan yang satu lagi juga kena bel satu kali, tapi suaranya masih bagus Kalbar," ungkapnya saat ditemui di lokasi usai final. 

Sementara untuk Malika di cabang Tilawah Anak-anak Putri, ia melihat penampilannya sama bagus dengan dua peserta lainnya di final. Artinya masih ada kemungkinan Malika meraih peringkat pertama. "Kalau dilihat tiga-tiganya (finalis) seimbang, mudah-mudahan Kalbar juga juara satu," harapnya. 

Kemudian untuk cabang Tahfizh Hadits 100 dengan Sanad Putra, Fuady berhasil tampil dengan mulus. Artinya masih ada kemungkinan ia juga bisa meraih juara pertama di cabang tersebut. "Mudah-mudahan, minimal juara dua, tapi bisa juga juara satu," ucapnya.  

Lalu untuk cabang Tahfizh 10 Juz Putra, Faturrahman dikatakan mengalami pengulangan ayat. Sementara dua saingannya berjalan dengan mulus. Faturrahman diprediksi hanya mampu menduduki peringkat ketiga.

Selain empat cabang yang berhasil masuk final dan sudah pasti mendapat medali. Kafilah Kalbar juga dipastikan mendapat tiga medali dari juara harapan. Yakni masing-masing satu medali untuk juara harapan satu, dua dan tiga. Sehingga total yang bakal diraih ada sebanyak tujuh medali.  

"Peringkat (Kalbar se-Indonesia) belum bisa ditebak karena belum pengumuman juara umum. Yang jelas sepanjang sejarah STQ, ini paling banyak ada tujuh (medali). Biasanya kan paling dua atau tiga," pungkasnya. 

Terpisah, Sekretaris LPTQ Kalbar yang juga official Kafilah Kalbar Mahmudah berharap, Kalbar mampu memberikan hasil yang terbaik dari keikutsertaan STQ kali ini. Ia yang menyaksikan langsung penampilan Rohidah di final mengaku sangat bangga. 

"Saya berharap (Rohidah) bisa menjadi terbaik, memotivasi bagi kita semua. Rohidah sudah berjuang mengharumkan nama Kalbar, saat pengumuman nanti mudahan jadi yang terbaik," harapnya. (bar)

 

Berita Terkait