Kalbar Bidik Juara Basket

Kalbar Bidik Juara Basket

  Rabu, 7 November 2018 09:32
POPWIL : Gubernur Kalbar Sutarmidji saat melepas kontingen Kalbar yang akan mengikuti Popwil II di Jawa tengah, Selasa (6/11). HUMPRO KALBAR FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

160 Atlet Pelajar Berlaga di Popwil II

PONTIANAK—Sebanyak 160 pelajar yang ada di Kalbar telah diseleksi untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) II yang diselenggarakan di Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Mereka dilepas oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji untuk mengikuti kegiatan mulai 7-13 November 2018. 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kalbar Natalia Karyawati mengungkapkan, agenda Popwil II diselengarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).  Ajang ini bertujuan sebagai seleksi atlet yang akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) tahun 2019 mendatang.

"Untuk Popwil saat ini, Kalbar menurunkan 160  atletnya dari cabang olahraga basket, volley, sepak takraw, sepak bola, tenis meja, tenis, bulu tangkis dan pencak silat," ungkap Natalia usai mengikuti pelepasan Popwil II Kalbar, Selasa (6/11).

Nantinya lanjut dia, para pelajar yang turun di ajang Popwil ini akan bersaing dengan lima provinsi lainnya pada kegiatan tersebut. Kalbar akan bersaing dengan provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan.

Ia mengatakan, sebelumnya 160 atlet pelajar ini telah mengikuti pemusatan pelatihan di Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata pada 2-6 November 2018 lalu. "Nantinya para Atlet yang lolos dalam Popwil ini, akan mengikuti Popnas 2019 yang akan rencananya diadakan di Provinsi Papua," pungkasnya. 

Sementara itu Gubernur Kalbar Sutarmidji yang ikut melepas kontingen berharap, para pelajar harus memaksimalkan kemampuannya selama berlaga di Popwil. Jika berhasil mendapat juara, orang nomor satu di Kalbar ini menjanjikan bonus untuk para atlet.

Terkhusus juga untuk para atlet di cabang olahraga bola basket, ia berharap bisa menjadi juara. Mengingat untuk cabang ini Kalbar memang cukup diunggulkan. "Saya liat postur anak-anak cabor bola basket bisa jadi juara. Basket lagi semangat-semangatnya mempunyai prestasi. Dan saya optimis bola basket bisa menjadi salah satu juara," harapnya. 

Ke depan, Midji berencana akan membangun lapangan bola basket yang lebih representatif di Kawasan Stadion SSA. "Tahun depan kami rencanakan pembangunan lapangan bola basket, karena saya lihat prestasi olahraga ini cukup bagus," pungkasnya. (bar)

Berita Terkait