Kaderkan 30 Calon Mahasiswa

Kaderkan 30 Calon Mahasiswa

  Sabtu, 18 June 2016 09:54
SARJANA PERDESA: Putra-putri asal Kayong Utara ketika mengikuti uji akademik untuk dapat diterima di Poltekkes Semarang. Poltekkes Semarang saat ini sedang menggerakkan progam 10 sarjana perdesa. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Melalui Program 10 Sarjana Perdesa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara buat kali kedua kembali mengirim putra-putri terbaiknya. Sebanyak 30 calon mahasiswa diharapkan dapat kembali melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang. Hal tersebut ditetapkan usai digelarnya seleksi di SMA Negeri 1 Sukadana dan Puskesmas Sukadana, Kamis (16/6) kemarin.

“Untuk yang di sekolah (SMA N 1 Sukadana, Red) merupakan tes akademik. Dan untuk di puskesmasnya kita lakukan uji kesehatan yang difasilitasi oleh Puskesmas Sukadana. Awalnya untuk jumlah peserta yang mengikui tes berjumah 125 orang, disaring menjadi 47 orang dan akhirnya dapat menjadi 30 calon mahasiswa kita yang siap untuk belajar di Poltekes Semarang,” terang kepala Sub Bagian (Kasubbag) Agama dan Pendidikan Setda Kayong Utara, Ichwani, Jumat (17/6).

Ikcwani menjelaskan, ini merupakan program pemerintah yang telah berjalan cukup lama. Hanya saja, sambung dia, kalau untuk di Poltekkes, baru kali kedua mereka lakukan. Untuk yang pertama dan telah mengikuti pelajaran Poltekkes, mereka telah mengirim sebanyak 27 orang. Sedangkan utuk kali kedua baru saja selesai dilakukan mereka, Kamis (16/6) lalu, di mana Pemkab akan mengirim sebanyak 30 calon sarjana. “Kerja sama kita bersama Poltekkes sudah yang kedua kalinya, untuk program 10 Sarjana Perdesa,” terang Ichwani di Sukadana.

Mengenai hal ini, Ichwani berharap dengan apa yang menjadi kewajiban pemerinatah daerah melalui program 10 Sarjana Perdesa, dapat menigkatkan sumber daya manusianya (SDM). “Dengan SDM yang berkualitas, saya yakin mampu untuk bersaing dalam peningkatan pertumbuhan dan pembangunan di Kayong Utara, khusunya pada peningkatan SDM pada bidang kesehatan,” doanya.

Untuk itu, dirinya sangat berharap agar ke depannya Kayong Utara dapat lebih maju dan siap untuk bersaing dengan daerah lain. “Kayong Utara harus mampu untuk bersaing dengan daerah lain,” yakinnya. (dan)

Berita Terkait