Jogi Mulai “Bersih-Bersih”

Jogi Mulai “Bersih-Bersih”

  Rabu, 20 March 2019 09:53

Berita Terkait

WOLFSBURG – ''(Joachim) Loew seperti memainkan poker dengan resiko tinggi,'' itulah tulisan di majalah sepak bola Jerman, Kicker.  Tulisan itu muncul setelah melihat komposisi skuad Jerman di jeda internasional ini. Ya, Loew tetap bergeming dengan kritikan dari publik Jerman terkait keputusannya melewatkan trio Bayern Muenchen. 

Seperti diketahui, tak ada Mats Hummels, Jerome Boateng, dan Thomas Mueller dalam skuad racikan Jogi, sapaan akrab Loew. Padahal, selain Boateng, Hummels dan Mueller masih tercantum dalam skuad Jerman saat melakoni laga terakhirnya di UEFA Nations League melawan Belanda (20/11). 

Selain itu, Boa, Hummels, dan Mueller sampai saat ini masih tercatat sebagai sepuluh besar pemain dengan caps terbanyak Jerman. Rata-rata, mereka sudah lebih dari 70 caps bermain bagi Die Mannschaft, julukan timnas Jerman. Hummels 70 caps, Boateng 76, dan Mueller 100 laga. Loew hanya menyisakan Manuel Neuer dan Toni Kroos dalam skuadnya. 

Setelah uji coba menantang Austria di Woertherseestadion, Klagenfurt, 3 Juni 2018 lalu, baru dini hari nanti WIB juara dunia 2014 itu melakoni laga tanpa trio Boateng, Hummels, dan Mueller. Neuer dkk menjamu Serbia pada uji coba jelang kualifikasi Euro 2020 di Volkswagen Arena, Wolfsburg. 

Ingat, ketika tanpa trio senior itu, Jerman menelan kekalahan pertama dalam 40 tahun atas negara tetangganya, Austria. Jerman kalah 1-2. Juergen Klinsmann sebagai eks der trainer Jerman pun ikut-ikutan mengkritisi Loew. ''Mereka (Hummels, Boateng, dan Mueller) tetaplah pemain top. Harapan saya, pintu akan selalu terbuka untuk mereka,'' sebut Klinsi, sapaan akrab Klinsmann, kepada AFP. 

Loew punya perspektif lain di balik keputusannya itu. ''Kami telah memikirkannya sejak Piala Dunia (2018),'' klaim tactician 59 tahun itu, dikutip Sport1. Di sisi umur, kecuali Mueller,  Boateng dan Hummels telah berkepala tiga. Boa dan Hummels 30 tahun, lalu Mueller 29 tahun. ''Kami harus lebih cepat, lebih ambisius, dan lebih dinamis. Kami gagal di Piala Dunia lantaran kami lebih mudah diprediksi,'' terang Loew. 

Sebagai gantinya Loew memanggil tiga muka baru dalam skuadnya. Lukas Klostermann dan Maximilian Eggestein masih berusia 22 tahun, sementara Niklas Stark 23 tahun. Overall, di tim Jerman saat ini punya 11 pemain yang berumur 23 tahun ke bawah. ''Kami sudah memasuki era baru,'' ungkap General Manager timnas Jerman, Oliver Bierhoff, dalam situs resmi Federasi  Sepak Bola Jerman (DFB). (ren/bas)
 

Berita Terkait