Jepang Luncurkan Maskot Resmi Olimpiade 2020

Jepang Luncurkan Maskot Resmi Olimpiade 2020

  Selasa, 24 July 2018 10:00
Miraitowa dan Someity

Berita Terkait

TOKYO - Olimpiade Tokyo 2020 masih dua tahun lagi. Namun, denyut acara olahraga multievent terakbar sejagat tersebut sudah mulai terasa. Kemarin, tim penyelenggara dari Komite Olimpiade Jepang secara resmi memperkenalkan maskot Olimpiade dan Paralmpiade 2020 yang mereka beri nama Miraitowa dan Someity.

Dalam keterangan resmi, asal nama maskot Olimpiade, Miraitowa adalah gabungan kata-kata bahasa Jepang yang berarti masa depan dan kekekalan. Sementara itu, nama maskot Paralimpiade Someity berasal dari kata Somei-yoshino. 

Itu merupakan nama salah satu jenis bungan sakura. Nama Someity juga dipilih lantaran bisa menjadi plesetan dari bahwa Inggris So mighty yang artinya sangat kuat.

Dalam acara peluncuran yang dilakukan di tepian sungai Sumida di pusat kota Tokyo, Miraitowa dan Someity muncul bersama sejumlah anak kecil yang merupakan siswa sekolah dasar. Organising Committee President Olimpiade Tokyo 2020, Yoshiro Mori mengucapkan, dua maskot ini terpilih berdasarkan voting yang dilakukan terhadap sedikitnya lima juta siswa sekolah dasar di seluruh Jepang. 

Voter memang sengaja diambil dari anak-anak. Itu untuk memberi simbol bahwa Olimpaide 2020 akan berlangsung dengan menyenangkan dan menjadi milik semua kalangan.

“Kita semua adalah bagian dari Olimpiade. Bukan hanya atlet, Olimpiade adalah untuk semua orang. Kami berharap semua orang bersatu untuk mensukseskan acara ini,” ucap Mori yang juga mantan Perdana Menteri Jepang tersebut dilansir ESPN. Miraitowa dan Someity adalah hasil ciptaan ilustrator Jepang Ryo Taniguchi. (irr)

Berita Terkait