Jangan Karhutla Lagi

Jangan Karhutla Lagi

  Selasa, 22 March 2016 08:30
Agus Rudi Suandi

Berita Terkait

PELAKSANATUGAS (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kayong Utara Agus Rudi Suandi memastikan bahwa mereka akan selalu mempersiapkan segala bentuk pertolongan medis terhadap masyarakat. Ungkapan tersebut dilontarkan dia, dalam rangka tindak penanggulangan, jika kembali terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menimbulkan kabut asap pada tahun ini.

“Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut kembali terjadi. Seperti halnya terjadinya kebakaran hutan dan lahan ditahun 2015 kemarin. Karena kejadian tersebut, tentunya akan banyak menimbulkan banyak penyakit, salah satunya pada saluran pernapasan,” terang Agus, ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/3) kemarin. Namun, sambung dia, jika memang hal tersebut kembali terjadi di Negeri Bertuah ini, mereka akan kembali mempersiapkan segala hal, mulai dari persedian obat-obatan. Mereka bahkan akan mendirikan beberapa posko, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu, mereka juga akan berkerja keras, jika memang hal tersebut kembali melanda Kayong Utara.

“Kalau bisa, jangan terjadilah kejadian kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan banyak terdapat kabut asap di Kayong Utara,” pinta dia. Diakui dia, kejadian yang menjadi sorotan nasional tersebut sempat membuat semua instansi terkait harus berkeja keras. “Termasuk dari pihak Dinas Kesehatan, dengan memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,” terangnya.

Dia berharap agar pada tahun ini, Kayong Utara maupun daerah lainnya di Kalbar tidak kembali mengalami kebakaran hutan dan lahan. “Ya, semoga saja, kebakaran hutan tidak terulang kembali di tahun ini,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kayong Utara ini, lokasi terparah memang terdapat di Kecamatan Simpang Hilir. Di sana juga mereka harus mendirikan posko kesehatan. “Di Simpang Hilir kemarin yang parah. Asap begitu banyak, dan kita juga ada mendirikan pos kesehatan untuk masyarakat,” ucapnya. (dan)

Berita Terkait