Jamin Benahi Akses Jalan dan Listrik

Jamin Benahi Akses Jalan dan Listrik

  Kamis, 15 March 2018 11:00

Berita Terkait

Prihatin Kondisi Desa Terisolir 

MELAWI - Akses jalan di beberapa wilayah di Kalimantan Barat dinilai masih mengecewakan. Salah satunya Jalan Provinsi menuju Desa Menukung, Kabupaten Melawi. Saat mengunjungi Desa tersebut, calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Sutarmidji merasa geram melihat kondisi jalan yang hancur dan sulit dilewati.

"Saya geram melihat kondisi jalan seperti ini. Rasanya saya ingin langsung aspal saja jalan menuju Desa Menukung. Jika saya jadi Gubernur, saya akan benahi jalan seperti ini. Agar desa meningkat perekonomian dan kesejahteraannya," ujar Sutarmidji.  

Sutarmidji juga mengatakan, kalau hujan pasti jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan. Menurutnya, akses jalan seperti yang menyebabkan desa Menukung terisolir, sehingga tidak tersentuh pembangunan. Hal tersebut akan berdampak pada pembangunan di Desa Menukung tersebut.

"Akses jalan seperti ini menyebabkan desa menukung terisolir dalam pembangunan. Tidak tersentuh pembangunan yang merata. Hal ini akan berdampak pada kemajuan desa tersebut," jelas Sutarmidji.

Tidak hanya jalan, masalah lainnya adalah listrik yang belum menjangkau Desa Menukung pada siang hari. Desa Menukung mendapat listrik hanya malam hari saja, sedangkan aktivitas warga pada siang hari menjadi terganggu akibat listrik padam pada siang hari.

Menanggapi hal tersebut, calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga yang berpasangan dengan Sutarmidji, Ria Norsan juga mengatakan bahwa tidak adanya listrik di siang hari akan menyebabkan menurunya produktivitas perekonomian warga Desa Menukung. Menurutnya, harus ada listrik disiang hari agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga setempat.

"Selain jalan, listrik juga menjadi kendala masyarakat Desa Menukung. Tidak adanya listrik di siang hari menyebabkan masyarakat setempat kesejahteraannya menurun dan produktivitas perekonomian juga akan menurun. Harus ada listrik di sepanjang waktu agar dapat meningkat kesejahterannya, karena potensi Desa Menukung sangat besar," jelas Ria Norsan menambahkan apa yang disampaikan Sutarmidji.

Ria Norsan juga menjelaskan bahwa jika terpilih menjadi Wakil Gubernur Kalbar, dan Sutarmidji menjadi Gubernur Kalimantan Barat. Dirinya siap membenahi Jalan dan Listrik di Desa-desa pedalaman. Menurutnya, tidak hanya desa menukung, tetapi masyarakat desa lain juga harus dibenahi terkait akses jalan dan listrik.

"Jika Sutarmidji terpilih jadi Gubernur Kalbar dan Saya Wakil Gubernurnya, saya pastikan tidak ada lagi jalan dan listrik seperti ini. Harus dibenahi akses jalan dan listriknya. Agar ke depan pembangunan di perdesaan dapat merata hingga seluruh wilayah Kalimantan Barat. Dan itu mudah mewujudkannya, kami pastikan itu," jelas Ria Norsan. (*) 

Berita Terkait