Jalankan 8 Fungsi Keluarga Melalui Rajutan Silaturahmi

Jalankan 8 Fungsi Keluarga Melalui Rajutan Silaturahmi

  Kamis, 13 June 2019 20:25

Berita Terkait

PONTIANAK-Momentun idul fitri dimanfaatkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat dengan melakukan silaturahmi dilingkup ASN BKKBN dan para mitra kerja. Menurut kepala BKKBN Kalbar, Kusmana, silaturahmi merupakan implementasi dari delapan fungsi keluarga, yaitu agama.

"Momentum idul fitri ini kami manfaatkan dengan bersilaturahmi di lingkup BKKBN sekaligus mengundang para mitra kerja kami yang selama ini sudah begitu banyak membantu jalannya program BKKBN," kata Kusmana, Kamis (13/6).

Oleh karenanya, momentum Idul Fitri dipandang Kusmana sangat strategis dalam rangka mengimplementasikan fungsi keluarga. Karena kata dia, keluarga merupakan modal dasar dan utama pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia yang nantinya bakal melanjutkan estafet pembangunan di masa depan.

Oleh karenanya, pembinaan keluarga meski dilakukan agar keluarga Indonesia menjadi keluarga berketahanan. Baik dari sisi hal-hal negatif maupun ketahanan dari sisi eksternal.

Di program BKKBN lanjut dia, pembangunan ketahanan keluarga menjadi utama karena itu yang diamanatkan di dalam undang-undang, bahwa pembangunan ketahanan keluarga menjadi salah satu fungsi dan fungsi BKKBN.

"Kali ini dimulai dilingkup ASN BKKBN bersama mitra yang selama ini bekerjasama dengan BKKBN bahu membahu untuk melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya pembangunan dan ketahanan keluarga terutama dalam hal mengimplementasikan fungsi yang pertama dari delapan fungsi keluarga yakni fungsi agama," katanya.

Dengan demikian muncullah harapan bahwa keluarga-keluarga di Kalbar bisa melaksanakan fungsi agama di dalam keluarga masing-masing.

Pesan Kusmana pada ASN BKKBN sebagai petugas yang pelaksana sosialisasi tentang pembangunan ketahanan keluarga menjadi sangat penting, karena akan menjadi teladan dan contoh bagi masyarakat.(iza)

Berita Terkait