Jalan Merdeka-Pusat Kota Singkawang Bertabur Ketupat Hias

Jalan Merdeka-Pusat Kota Singkawang Bertabur Ketupat Hias

  Jumat, 11 May 2018 10:00
MENARIK: Sejumlah kawasan di Kota Singkawang mulai dihiasi dengan ornamen ketupat menjelang tibanya bulan Ramadhan 1439 H. Indahnya kota diharapkan mampu menarik kunjungan wisata ke Singkawang. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

Persiapan Ramadhan Fair

SINGKAWANG--Persiapan event Ramadhan Fair dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan bulan suci Ramadhan nyaris rampung.  Bahkan hampir seluruh jalanan dipenuhi ornamen ketupat hias. Menurut Sekretaris Panitia Ramadhan Fair yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Singkawang, Bosni mengatakan persiapan event ditargetkan rampung pada Minggu (13/5) mendatang.  "Karena launchingnya akan dilakukan Wali Kota Singkawang pada Selasa (15/5) malam di halaman Mess Daerah," kata Bosni, Kamis (10/5). Panitia pun sudah memajang ketupat hias sepanjang Jalan Merdeka sampai ke Vihara Tri Dharma Bumi Raya (pusat kota) Singkawang. 

"Sementara Beduk dan Ketupat Raksasa akan kita pajang di Masjid Raya Singkawang. Sedangkan ornamen Bulan Sabit akan diletakkan di Mess Daerah," ujarnya.  Tak hanya di seputaran Mess Daerah dan Masjid Raya Singkawang, beberapa hiasan yang bernuansa Islami juga akan difokuskan pada Bundaran AI Sakok dan pintu gerbang depan Halim Press Jl Pangeran Diponegoro.  "Hal itu dimaksudkan agar Singkawang kelihatan indah ketika masyarakat luar melakukan kunjungan ke Kota Singkawang," ungkapnya. 

Menurutnya, panitia saat ini masih mendesain Kaligrafi ayat suci Alquran yang rencananya akan di pasang di pintu gerbang depan Halim Press.  Kemudian, selama bulan suci Ramadhan, panitia juga akan mengisi berbagai kegiatan/hiburan dan perlombaan di Mess Daerah.  "Hiburan dan perlombaan ini akan kita mulai dari siang hari (selepas sholat Dhuhur sampai menjelang berbuka puasa," jelasnya. 

Sesuai surat edaran Wali Kota Singkawang, katanya, bahwa masyarakat muslim diimbau untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan menghias rumah dan lingkungan.  "Masing-masing instansi maupun Masjid juga diimbau untuk dapat menghias diri dengan berbagai ornamen yang bernuansa Islami," katanya. 

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie sebelumnya mengimbau masyarakat muslim untuk menghias rumah dan lingkungannya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.  "Kita di Pemerintah Kota Singkawang sudah membentuk panitia Ramadhan Fair untuk menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan," kata Tjhai Chui Mie.

Sehingga perlu adanya kerjasama yang baik dari masyarakat khususnya umat muslim untuk memperindah Kota Singkawang pada bulan suci Ramadhan.  "Beberapa bulan lalu kita sudah sukses menyelenggarakan event Imlek dan Cap Go Meh. Kemudian, sesuai visi misi dirinya bersama Irwan akan menjadikan Kota Singkawang sebagai kota pariwisata, maka pihaknya berjanji akan selalu mengadakan event-event yang menarik salah satunya Ramadan Fair guna mendongkrak kunjungan wisata," jelasnya. (har) 

Berita Terkait