Jago Merah Hanguskan Ruko Enam Pintu

Jago Merah Hanguskan Ruko Enam Pintu

  Senin, 18 March 2019 09:13
PADAMKAN API: Puluhan petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan kebakaran di Jalan Kom Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat, Minggu (17/3). SIGIT ADRIYANTO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Kebakaran kembali terjadi di Pontianak. Kali ini si jago merah menghanguskan sejumlah ruko dan gudang di Jalan Kom Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat, Minggu (17/3) sekitar pukul 18.00. Tak ayal, peristiwa itu pun membuat warga sekitar lokasi kebakaran heboh. 

Edy Zukarnaen, petugas pemadam kebakaran dari Mitra Jawi mengatakan, kebakaran tersebut terjadi pada sore hari, sebelum azan magrib berkumandang. Mendapati informasi itu, dirinya dan petugas pemadam lain segera mendatangi lokasi. 

"Kita terima informasi ada kebakaran tak jauh dari markas TNI angkatan laut. Tak lama kemudian petugas langsung diterjunkan ke lokasi. Pada saat kita sampai memang apinya sudah besar,” ujar Edy usai melakukan pemadaman.

Saat petugas datang, api sudah melahap tiga ruko dengan total enam pintu. Selain itu, api yang merembet juga sempat membakar bagian belakang ruko yang merupakan gudang penyimpanan barang. Dia menduga api pertama kali keluar dari salah satu ruko kantor ekspedisi yang berada tepat di tengah-tengah.  Petugas kemudian mengambil langkah sigap dengan mencoba memblokir api agar kebakaran tidak meluas. 

“Api yang besar itu dari gedung yang tengah, dari kantor ekspedisi. Kita lakukan upaya pemblokiran agar api tak menyebar. Alhamdulillah aman, sumber air pun ada,” terangnya. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu. Hanya saja, ada satu di antara puluhan pemadam yang mengalami sesak nafas. Ia langsung ditangani unit Palang Merah Indonesia (PMI) yang hadir di lokasi.

"Tadi ada satu pemadam yang sesak napas dari pemadam Nipah Kuning. Alhamdulilah terakhir saya cek tidak apa-apa dan mungkin hanya terkejut," ujarnya. Edy masih belum dapat memastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan ruko enam pintu ini. 

Pihaknya hanya fokus melakukan pemadaman agar api tidak semakin membesar dan tidak menimbulkan korban jiwa. "Sementara penyebab kebakaran belum diketahui, yang paling utama kita pastikan api sudah padam agar tak terjadi kebakaran susulan,” katanya.

Sementara itu, Fauzi kerabat dari salah satu pemilik ruko ekspedisi yang ikut terbakar menjelaskan saat kejadian pemilik ruko, yakni Udin sedang tidak berada di Pontianak. Dia masih belum dapat memastikan jumlah kerugian yang diderita akibat musibah ini.

“Pemilik ruko sedang pulang kampung. Belum tahu berapa total kerugian. Yang pasti, barang-barang yang mau dikirim lewat ekspedisi ini sudah habis terbakar,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Abdullah membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah hukumnya tersebut. Saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran. "Saat ini api sudah sepenuhnya padam. Penyebab pastinya masih kita selidiki,” katanya. (sig)

Berita Terkait