Jadi yang Terbaik di Musik Etnik

Jadi yang Terbaik di Musik Etnik

  Kamis, 2 Agustus 2018 15:04
MEMUKAU: Peserta dari Provinsi Jambi tampil membawakan lagu rohani dalam Pesparawi Nasional XII, kemarin. Foto bawah, penampilan peserta Paduan Suara Dewasa Campuran asal Kalbar memukau penonton. RAMSES/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Kontingen Sintang Wakili Kalbar 

PONTIANAK—Sintang menjadi wakil Kalimantan Barat dalam Pesta Paduan Suara Gerejawi kategori musik etnik. "Iya dari Sintang dan tim ini juga yang juara saat Pesparawi tingkat provinsi di Sanggau," kata Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kalimantan Barat Jakius Sinyor usai menyaksikan penampilan kontingan Kalimantan Barat dengan kategori lomba Paduan Suara Dewasa Campuran, Rabu Siang.

Jakius menyebutkan musik etnik yang akan dibawa nanti tidak hanya alunan musik saja melainkan perpaduan alat, pakaian dan nyanyian yang akan dibawa. "Peserta akan menampilkan kearifan lokal dalam musik etnik yang kemudian dipadukan dengan lagu rohani," kata Jakius. 

Musik etnik sebagai kategori terakhir yang akan tampil. Lomba kategori ini akan digelar di Rumah Radank, hari ini (Kamis). Selama berjalannya Pesparawi XII, kontingen Kalimantan Barat mengikuti seluruh kategori. Baik untuk kategori dewasa campuran, suara pria, suara wanita, suara remaja/pemuda, solo anak, musik pop gerejawi, vocal grup, solo remaja dan musik etnik.

Jakius mengaku puas dengan penampilan peserta dari berbagai kategori. Seperti Paduan Suara Dewasa Campuran. Penampilannya di Hotel Aston siang kemarin mengundang decak kagum penonton. "Kami puas melihat penampilan peserta. Penampilan sangat baik dan dinantikan semua kontigen," ungkap Jakius.

Jakius mengungkapkan, kontigen ini sebelumnya juga meraih emas saat Pesparawi di Kendari. Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini meyakini Kalbar bisa mendapatkan emas di setiap kategori. Ada 11 kategori yang dilombakan. Bahkan ia menargetkan mendapatkan reward champion. Ini merupakan penilaian sempurna untuk setiap penampilan peserta. "Jika kami mendapatkan 12 emas dan dua champion kami yakin Kalbar bisa juara umum," ungkap Jakius.

Sementara itu seluruh peserta asal Kalimantan Barat yang tampil dalam Pesta Paduan Suara Gerejawi adalah juara dari masing-masing kabupaten saat Pesparawi tingkat provinsi di Kabupaten Sanggau. (mse)

Berita Terkait