Iwapi Expo UMKM Hadirkan Puluhan Stan

Iwapi Expo UMKM Hadirkan Puluhan Stan

  Senin, 18 March 2019 18:15
Ketua DPC Iwapi Kota Pontianak Sri Yuniarti

PONTIANAK – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Pontianak akan menggelar Iwapi Expo UMKM pada 19-21 Maret 2019 di Gedung Pontianak Convention Centre. Acara pembukaan akan digelar Selasa (19/3) dan dibuka secara langsung oleh Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Ada banyak kegiatan yang tersaji dalam even akbar yang pertama kali digelar oleh Iwapi Kota Pontianak ini.

Ketua Panitia Iwapi Expo UMKM, Fika Meldita mengatakan, expo digelar dengan menghadirkan bergam acara, mulai dari pameran hingga perlombaan. Sedikitnya, ada 80 stan yang ada dikegiatan ini, mulai dari stan kuliner, kerajinan, properti, hingga pameran otomotif. Dari total stan yang ada, sebagian besar akan diisi oleh para pelaku usaha skala UMKM.

“Tidak hanya berasal dari Kota Pontianak, UMKM yang ada di Kubu Raya pun ikut bergabung,”ungkapnya, Senin (18/3).

Expo yang bertujuan untuk meningkatkan pelaku usaha wanita yang mandiri dan tangguh ini, tambah dia, akan diisi oleh pelaku-pelaku UMKM yang dominan dikelola oleh wanita.

Sementara itu, Ketua DPC Iwapi Kota Pontianak, Sri Yuniarti mengatakan, digelarnya expo ini, merupakan kontribusi nyata Iwapi dalam mendorong keterlibatan perempuan dalam menggerakkan perekonomian, khususnya UMKM. Dalam merealisasikan even akbar yang pertama kali digelar oleh DPC Iwapi Kota Pontianak ini, menurutnya dibutuhkan keberanian oleh pengurus.

“Kami memberanikan diri mengadakan even seperti ini, dengan memanfaatkan modal yang ada,” terangnya.

Ke depan, lanjut dia, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak swasta, dan secara berkesinambungan dengan Pemerintah Kota Pontianak, maupun elemen lainnya, dalam mendongkrak perekonomian di bidang UMKM melalui penciptaan pengusaha-penguasha baru, serta pengembangan kapasitas para pelaku usaha yang ada, khususnya wanita. Pihaknya pun berharap agar even ini dapat berjlanjut di tahun depan.

“Kami yakin UMKM bisa berkontribusi dalam penanggulangan kemiskinan. Karena itu, kami akan terus mendorong kemajuan dunia usaha, khusunya para pengusaha wanita di Kota Pontianak,” pungkasnya. (sti)