Istilah-Istilah dalam Dunia Vaping

Istilah-Istilah dalam Dunia Vaping

  Senin, 5 September 2016 09:30

Berita Terkait

APV - Advanced Personal Vaporizer yakni alat yang digunakan untuk vaping, alat ini menggunakan mikrochip di dalamnya dan biasa mempunyai sistem proteksi akan korsleting serta dapat mengatur tingkat voltase atau watt.

Mechanical Mod / Mecha / Mech Mod  - terdiri dari body yang mempunyai tempat untuk mengisi battery, serta mempunyai konektor untuk disambungkan dengan atomizer. Mechanical Mod TIDAK memiliki chip untuk proteksi, sehingga dalam penggunaannya perlu pengetahuan yang lebih baik akan kekuatan battery, besarnya resistensi yang dimiliki atomizer, dan juga pengetahuan yang cukup tentang arus listrik.

Ejuice /eLiquid - Cairan yang digunakan pada atomizer, biasa nya terbuat dari Propylene Glycol (PG)  danVegetable Glycerin (VG)

Variable Voltage / Variable Wattage (VV / VW) - Fitur dari APV dimana device yang memiliki fitur ini dapat merubah output nya baik secara voltase/voltage, atau pun watt/wattag, mechanical mod tidak memiliki fitur ini.

Atomizer / Atty - terdiri dari koil elemen pemanas dan wick / sumbu yang berfungsi untuk memanaskan eJuice sampai pada tingkat dimana eJuice tersebut menguap dan menghasilkan uap yang terlihat seperti asap. Atomizer terdiri dari Cartomizer, Clearomizer, dan RBA (rebuildable atomizer).

Cartomizer - cartridge yang berisikan atomizer di dalamnya, merupakan penyempurnaan dari sistem cartridge dimana cartridge tidak bisa diisi ulang juicenya.

Clearomizer - penyempurnaan dari Cartomizer, memiliki tabung yang tembus pandang, sehingga kita dapat melihat jumlah eJuice yang kita miliki, saat ini hampir seluruh cartomizer pabrikan yang ada di pasaran adalah Clearomizer.

RBA / Rebuildable Atomizer - atomizer beserta tank yang dapat kita atur menurut hasil yang kita inginkan. Kita harus membuat sendiri koil beserta wick / sumbu yang akan menentukan jumlah uap serta rasa yang dihasilkan dari RBA itu sendiri. RBA dibagi 2 menjadi RTA dan RDA.

RTA / Rebuildable Tank Atomizer - RBA dengan tank yang berfungsi untuk menyimpan juice di dalamnya.

RDA / Rebuildable Dripping Atomizer - RBA tanpa tank yang mana dalam mengaplikasikan juicenya, si pengguna harus meneteskan juice mereka langsung ke atomizer atau ke wick yang terdapat di dalam RDA tersebut.

TH / Throat Hit - Sensasi gatal yang terdapat pada tenggorokan seperti saat kita merokok dengan rokok konvensional, makin tinggi kadar nicotine pada eJuice yang kita hisap, makin kuat TH yang kita dapat. Biasanya perokok yang biasa menghisap rokok mild / light menggunakan eJuice dengan kadar 6mg.

Wick / Sumbu - Salah satu komponen terpenting pada atomizer, bahan yang digunakan bervariatif antara lain Silica, Ekowool (silica yang dipelintir), Kapas, Stainless Steel Mesh, Keramik, Kabel Stainless Steel.

Resistance / Resistensi - merupakan tingkat tahanan dari suatu atomizer, satuannya adalah Ω (dibaca OHM)makin kecil tingkat tahanan dari Atomizer, makin panas atomizer tersebut dan makin besar Ampere yang dibutuhkan untuk menyalakan Atomizer itu.

Koil / Coil - Merupakan elemen terpenting pada Atomizer, terbuat dari kawat atau lempengan baja berbentuk kawat, atau bisa juga terbuat dari nichrome, yang digulung atau dibentuk sesuai bentuk yang kita inginkan, dan dihubungkan pada port kutub positif dan negatif dari sebuah Atomizer, sehingga pada saat di aliri daya, koil ini akan menyala seperti bara, dan membakar Ejuice hingga cairan dari Ejuice tersebut menguap dan uap inilah yang dihirup seperti asap, oleh karena itu disebutlah dengan istilah VAPING dan bukan SMOKING.

Sub Ohm Vaping - Merupakan teknik vaping yang sangat advance, dimana si pengguna menggunakan Atomizer dengan tingkat resistensi dibawah 1Ω. Hal ini dilakukan karena si pengguna ingin agar uap yang dihasilkan lebih banyak, dan dengan taste serta flavor yang lebih intense. Bagi mereka yang melakukan hal ini menggunakan APV, bisa dibilang tingkat keamanannya sangat tinggi, karena APV memiliki chip proteksi serta chip pengatur tegangan otomatis, akan tetapi, tidak semua APV dapat menyalakan atomizer dengan tingkat resistensi di bawah 1Ω.

(Berbagaisumber/int)

Berita Terkait