Insentif Tak Keluar, Ketua RT se Singkawang Ancam Unjuk Rasa

Insentif Tak Keluar, Ketua RT se Singkawang Ancam Unjuk Rasa

  Rabu, 13 June 2018 21:14

SINGKAWANG--Forum RT Kota Singkawang mengharapkan kejadian keterlambatan pencairan insentif RT tidak terulang dikemudian hari terlebih menjelang hari besar keagamaan. 
Ketua RT 05 Kelurahan Kampung Jawe, Harun AS mengungkapkan harusnye dipersiapkan lebih awal terkait pencairan insentif RT.  
"Di Singkawang ini ada sekitar 585 ketua RT yang tersebar di lima Kecamatan, " ungkapnya kepada koran ini. 
Bahkan pihaknya sempat melontarkan ancaman kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang terkait pencairan insentif RT yang tak kunjung cair jelang perayaan Idul Fitri. Terlebih lagi, kata Harun,  ada kecamatan yang sudah cair terlebih dahulu seperti Kecamatan Singkawang Selatan.  "Sementara untuk Kecamatan Singkawang Barat,  Kecamatan Singkawang Tengah,  Singkawang Timur dan Singkawang Utara belum, " katanya. 
Bahkan pihaknya sempat melontarkan pernyataan akan melakukan "unjuk rasa" yang dialamatkan ke Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang terkait keluhan belum keluarnya insentif para RT ini. 
Bahkan Harun sempat menelpon Kepala Badan Keuangan Daerah terkait persoalan insentif RT ini, dimana dalam obrolannya bahwa keterlambatan pembayaran kemungkinan disebabkan masih dalam prosesnya pengajuan dari Camat hingga lurah ke Badan Keuangan Daerah.  "Ini perlu diperhatikan semua pihak jangan sampai hal ini terulang, " pintanya. 
Sebagai informasi yang ia dapat bahwa untuk Singkawang Selatan insentif RTnya sudah cair Selasa (12/6) sementara untuk empat kecamatan lainya belum ada kepastian.  
Pernyataan terbuka RT untuk melakukan aksi demo pun urung terjadi karena ada pernyataan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan Waki Wali Kota Irwan bahwa akan dilakukan pembayaran insentif RT secara manual melalui Bank Kalbar di Jalan Diponegoro Kamis (14/6). (har)