Inilah Senggayong, Musik Tradisional Kayong Utara

Inilah Senggayong, Musik Tradisional Kayong Utara

  Senin, 15 April 2019 13:51
MAIN SENGGAYONG: Wabup, Kasat Bimmas Polres, serta Sultan Simpang membuka Pemilihan Bujang-Dare dengan bermain senggayong bersama. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Saat membuka secara resmi Pemilihan Bujang dan Dare Kabupaten Kayong Utara Tahun 2019 di Ballroom Hotel Mahkota Kayong Sukadana, Sabtu (13/4) Malam, Wakil Bupati Effendi Ahmad, Kasat Bimmas Polres Kayong Utara, serta Sultan Simpang Muhammad Jamaludin III secara serempat membuka kegiatan dengan bermain senggayong berbarengan. 

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kayong Utara sengaja membawa musik tradisional tersebut dalam perhelatan akbar ini. mereka ingin, semua yang hadir tertarik untuk kemudian mengerti dan ikut melestarikan musik tradisional yang satu ini, agar dikenal oleh generasi muda. Bahkan, panitia juga menyiapkan pertanyan untuk para peserta Bujang dan Dare Kabupaten Kayong Utara Tahun 2019 yang masuk lima besar, dengan menyimpan lembaran soal di dalam senggayong.

"Mohon didoakan, agar tahun ini musik senggayong ditetapkan sebagai cagar budaya tak benda nasional yang berasal dari Kayong Utara," harap Jumadi, kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kayong Utara.

Sementara itu, mengenai pelestaraian musik tradisional senggayong ditanggapi baik oleh salah seorang warga, Andi. Menurut dia, melalui kegiatan seperti itu, secara langsung dapat memperkenalkan alat musik tradisional.

"Semoga alat-alat musik lainnya yang ada di Kayong Utara ini dapat tetap disuguhkan pada acara-acara tertentu. Karena itu dapat meperkenalkan alat musik tersebut. Satu di antaranya senggayong," terang warga Sukadana tersebut. (dan)

Berita Terkait