Ini Pentingnya Mengapa Kita Harus Mandi Malam

Ini Pentingnya Mengapa Kita Harus Mandi Malam

  Kamis, 5 July 2018 07:03

JAKARTA - Mandi merupakan ritual sehari-hari yang sungguh mengasyikkan. Bagaimana tidak, dengan melakukan mandi, tubuh kita yang tegang bisa rileks kembali dan tak hanya itu, mandi bisa memelihara kesehatan tubuh Anda.

Manusia memerlukan mandi untuk menghilangkan bau, kotoran atau merevitalisasi sel-sel kulit yang telah mati. Biasanya juga kita merasa lebih segar, bersih dan santai setelah mandi

Bagi sebagian orang mandi adalah momen intim dalam sehari-hari karena benar-benar bisa merelaksasikan tubuh Anda sendiri.

Terkecuali di hari yang sangat dingin, mandi malam akan membuat badan kita menjadi lebih segar, apalagi jika kita banyak melakukan aktivitas yang membuat kita berkeringat dan terkena debu atau banyak kotoran.

Dengan badan yang segar, kita tentu akan lebih nyaman dan segera tertidur dengan cepat dan nyenyak. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika tidur yang berkualitas akan mendukung kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Menurut dokter kulit New York Dr. Samer Jaber, mencuci tubuh dan wajah Anda di malam hari adalah penting untuk kesehatan kulit Anda, terutama selama musim semi dan musim panas.

"Jika Anda keluar sepanjang hari dan berkeringat atau berolahraga, Anda pasti harus mandi sebelum tidur," kata Jaber, seperti dilansir laman MSN, Selasa (3/7).

"Pada musim semi, Anda mungkin terpapar dalam alergen seperti serbuk sari jika Anda berada di luar, jadi Anda akan ingin mandi dan membersihkan kulit Anda sebelum tidur," jelas Jaber.

Penelitian dari Harvard University juga menunjukkan bahwa mandi di malam hari bisa membantu Anda tidur.

JANGAN TERLALU SERING MANDI

Mandi setiap hari mungkin memuaskan secara fisik dan mental. Tetapi, terlalu sering mandi justru bisa membahayakan kulit dan mengakibatkan infeksi bakteri.

Tak hanya itu, mencuci kulit terlalu sering menyebabkannya mengering dan retak, yang memungkinkan kuman dan mikroba lainnya masuk ke tubuh Anda.

Dengan mandi, Anda mengeluarkan beberapa bau, tetapi juga menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit Anda.

"Orang-orang mengira mereka mandi untuk kebersihan atau menjadi lebih bersih, tetapi secara bakteriologis, itu tidak terjadi," jelas seorang ahli penyakit menular dan dekan asosiasi untuk penelitian di Columbia University School of Nursing, Dr. Elaine Larson, seperti dilansir laman India Times, Rabu (20/6).

"Mencuci kulit Anda secara teratur menghilangkan minyak alami yang dihasilkannya dan juga mengganggu populasi bakteri pembangun kekebalan tubuh yang baik pada kulit," sambung asisten profesor dermatologi di George Washington University, Dr. C Brandon Mitchell.

"Saya pikir kebanyakan orang terlalu mandi. Tubuh Anda adalah mesin yang diminyaki dengan baik. Mandi harian tidak diperlukan," jelas Dr. Mitchell.

Baik Dr. Larson dan Dr. Mitchell menyarankan agar Anda menghindari sabun antibakteri yang melucuti bagian dari minyak yang secara alami disekresikan.

Bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam sabun antibakteri, lotion tubuh dan parfum cenderung mengganggu keseimbangan hormon tubuh kita.

"Gadis remaja mungkin memiliki risiko khusus karena ini adalah waktu perkembangan reproduksi yang cepat, dan penelitian telah menyarankan bahwa mereka menggunakan produk perawatan pribadi lebih per hari daripada wanita dewasa rata-rata," kata Direktur asosiasi UC Berkeley Center for Environmental Penelitian dan Kesehatan Anak-Anak, Dr. Kim Harley.

"Yang perlu Anda bersihkan secara teratur adalah tangan serta pakaian Anda, yang cenderung secara alami mengumpulkan kotoran dan sel-sel mati di tubuh Anda," kata Dr. Larson.

Daripada mencuci seluruh tubuh, bersihkan ketiak, pantat dan selangkangan setiap hari.

"Ini adalah bagian tubuh yang menghasilkan bau badan yang berbau tajam," pungkas Dr. Mitchell.

Dr. Mitchell juga menyebutkan bahwa orang-orang dengan kulit kepala yang kering hanya perlu mencuci rambutnya sekali setiap beberapa minggu, sementara orang-orang dengan masalah kulit kepala seperti ketombe membutuhkan lebih dari beberapa kali mencuci seminggu. (fny/jpnn)