Ini Film Pertama yang Diputar di Arab Saudi

Ini Film Pertama yang Diputar di Arab Saudi

  Jumat, 6 April 2018 15:26
Black Pather film pertama yang akan diputar di bioskop Saudi (The Independent)

Berita Terkait

Bioskop-bioskop Arab Saudi dibuka kembali di bawah bimbingan Putra Mahkota Muhammed Bin Salman (MBS). Cadangan minyak yang besar membuat negara itu sangat kaya. MBS mendorong untuk menggunakan kekayaan ini guna melakukan merestrukturisasi negara secara politik dan ekonomi sebelum kekayaan mereka habis.

Ini merupakan rencana besar Saudi yang disebut sebagai Vision 2030. Seperti dilansir Washington Post pada Kamis, (5/4), Saudi mengumumkan debut bioskop pertama yang akan dibuka pada 18 April mendatang akan diisi oleh film superhero yang menjadi box office pada awal tahun ini, yaitu Black Panther.

Film superhero blockbuster Amerika yang bercerita seputar kerajaan fiktif Afrika ini memang laris ditonton di banyak negara.

Berdasarkan rencana bersama oleh AMC dan Dana Investasi Publik Arab Saudi, jaringan bioskop akan membuka 30 hingga 40 bioskop di sekitar 15 kota selama lima tahun ke depan. Target akhirnya membuka sebanyak 100 bioskop pada tahun 2030.

AMC akan diikuti oleh Vue International, sebuah jaringan bioskop yang berbasis di Inggris yang mengumumkan bulan lalu telah menandatangani kesepakatan untuk membuka 30 bioskop di Saudi.

Bioskop dioperasikan di Arab Saudi pada abad ke-20. Mereka dibuka oleh ekspatriat Barat pada 1930-an dan ditutup pada 1980-an ketika negara itu menjadi lebih konservatif.

Ulama mengecam film-film Barat produk tak bermoral. Selama bertahun-tahun, film-film telah meresap ke dalam budaya Saudi, dengan teknologi yang memudahkan untuk menonton film-film asing dalam privasi rumah-rumah.

Banyak orang Saudi mengunjungi bioskop ketika mereka berada di luar negeri. Mereka juga mengunjungi teater Imax di Kota Saudi Khobar, meskipun itu hanya bagian dari pusat sains dan teknologi dan hanya memutar film dokumenter alam.

(ina/iml/trz/JPC)

Berita Terkait