Ini Dia Pasar Tengah yang Baru

Ini Dia Pasar Tengah yang Baru

  Jumat, 2 September 2016 13:20
PASAR: Maket rencana pembangunan kawasan Pasar Tengah.

Berita Terkait

PONTIANAK-Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berupaya agar pengerjaan proyek revitalisasi pasar tengah selesai akhir Desember. Pasar tertua di Kota Pontianak ini bakal dibangun mempertahankan bentuk asli, dijadikan kawasan heritage dan ikon Kota Pontianak.

Kontraktor dari PT Gunakarya Nusantara, Hendrik mengungkapkan ratusan pekerja dikerahkan untuk membangun tujuh blok pasar dengan nilai kontrak Rp53 miliar lebih.

Sampai saat ini pengerjaan sudah mencapai 20 persen, targetnya akhir September sudah bisa 35 persen. "Insyallah sesuai dengan jadwal yang ditentukan, 31 Desember selesai semua, rencananya bakal diresmikan Presiden RI Joko Widodo," katanya, Jumat (2/9).

Sudah enam blok yang dikerjakan, dari total tujuh blok keseluruhan. "Satu blok lagi sedang proses addendum terkait kesiapan lahan yaitu blok Brantas, perkiraan minggu depan sudah bisa dikerjakan," jelasnya.

Enam blok yang sudah dikerjakan tersebut melibatkan 360 pekerja yang masing-masing blok dikerjakan 60 orang. Satu blok rata-rata berukuran 75 meter x 14 meter terdiri dari dua lantai. "Untuk pekerja, buruhnya sebagian besar dari luar Kalbar seperti Jawa dan Sumba," kata Hendrik. 

Jam kerjanya dimulai pukul 07.00 hingga 17.00 selang satu kali istirahat makan siang. "Jika ada yang lembur mulai dari habis maqrib sampai pukul 22.00," paparnya.

Untuk melihat langsung perkembangan pengerjaan proyek yang didanai APBN ini, Komisi VI DPR RI dijadwalkan melakukan kunjungan kerja, Jumat (2/9) siang. Kedatangan delapan anggota Komisi VI DPR RI ini didampingi Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono beserta Kepala SKPD terkait.(bar)

Berita Terkait