Ingin Maju, Iriana Jokowi Imbau UMKM Kembangkan Bisnis Online

Ingin Maju, Iriana Jokowi Imbau UMKM Kembangkan Bisnis Online

  Sabtu, 21 July 2018 10:00

Berita Terkait

JAKARTA - Istri Presiden Joko Widodo, Iriana Jokowi menekankan pentingnya para Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang. Apalagi, kemajuan zaman akan memaksa para pelaku usaha kecil itu untuk mengikutinya.

Hal yang dimaksud Iriana adalah pemanfaatan bisnis online yang kian berkembang. Menurutnya, para UMKM perlu memanfaatkan bisnis online yang memberi kemudahan kepada para konsumennya. Di sisi lain, menjual produk dengan sistem online lebih murah dan mudah. "Seiring persaingan global UMKM harus terus meningkatkan inovasinya. Harus bisa juga untuk mengembangkan online," ujarnya di JCC, Jakarta, Jumat (20/7).

Dia menambahkan, kehadiran UMKM perlu terus didorong agar berkembang. Meski tidak besar, kontribusi pelaku usaha kecil itu dinilai cukup menjanjikan bagi perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar seluruh instansi maupun kementerian terkait bisa membantu para UMKM untuk melebarkan sayap bisnisnya. Syukur-syukur, semakin banyak pelaku usaha kecil berdaya saing tinggi. "UMKM adalah tulang punggung nasional yang mempekerjakan banyak orang," tandasnya.

Bank Indonesia (BI) menggelar Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (20/7). Dalam pameran tersebut, puluhan kreatifitas para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan BI ditampilkan.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, melalui pameran ini, pihaknya mendorong para UMKM agar terus mengembangkan produk kreatifnya. Apalagi, dengan keanekaragaman budaya di Tanah Air, potensi untuk terus menciptakan ekonomi kreatif begitu besar.

"Pada pameran KKI 2017 lalu ibu negara mengarahkan untuk terus mendorong UMKM kita, menciptakan ekonomi kreatif, menggali budaya kita yang begitu kaya untuk menjadikan suatu karya yang prima," ujarnya di JCC, Jakarta, Jumat (20/7).

Gubernur BI Ingin Produk UMKM Tembus Pasar Internasional Sejumlah produk andalan UMKM di Pameran Karya Kreatif Indonesia 2018. "Untuk itu menindaklanjuti arahan ibu negara, BI telah mendorong usaha kreatif daerah dari UMKM untuk tidak hanya ke pasar nasional tapi juga pasar internasional," tambahnya.

Tidak hanya itu, melalui ajang ini dirinya berharap produk-produk para UMKM bisa semakin banyak menembus pasar internasional. Dengan hasil kekayaan yang melimpah, bimbingan dari para ahli dan desainer, dirinya optimis produk-produk kreatif dalam negeri bisa berbicara banyak di persaingan global.

"Tidak hanya inovasi kreatif tapi seberapa besar potensi menembus pasar global. Tidak hanya di Asia, tapi di Eropa, Timur Tengah. Kita juga kerja sama dengan desainer untuk mendorong inovasi mereka," tandasnya.

Dalam acara ini, turut hadir sejumlah desainer kondang seperti Dian Pelangi, Denny Wirawan dan masih banyak lagi. Hadir juga Ibu Negara Iriana Jokowi yang ditemani oleh istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga. (hap/cel/JPC)

Berita Terkait