Ingatkan Peredaran Narkotika Meluas

Ingatkan Peredaran Narkotika Meluas

  Jumat, 30 September 2016 10:00
DIRESMIKAN: Asisten Administrasi dan Umum Setda Prov Kalbar Robert Nusanto saat meresmikan Gereja Malaikat Agung Santo Mikael Kecamatan Simpang Dua.

Berita Terkait

PEMBANGUNAN fisik memang utama. Namun, tak kalah penting, adalah membangun mental. Karenanya pembangunan Gereja Katolik Paroki Malaikat Agung Santo Mikael di Simpang Dua Ketapang bisa menjadikan umat menghayati apa yang diajarkan Tuhan.

Hal ini dikemukakan Asisten Administrasi dan Umum Setda Prov Kalbar Robert Nusanto mewakili Gubernur Kalbar meresmikannya.

Pemerintah sangat mengharapkan peran semua umat, pemuka agama termasuk para pastur dan tokoh gereja serta tokoh masyarakat memberikan kontribusi mengatasi berbagai krisis yang dihadapi.

Robert menambahkan semua pihak harus mampu menjaga ketenangan dan kejernihan dalam bertindak dan berpikir. Sehingga kita tidak mudah terpancing dengan isu yang menghasut masyarakat, dan mampu mengatasi dan memandang persoalan hidup dengan bijaksana. Robert juga meminta agar orang tua dapat menjaga anak-anak dari bahaya narkoba yang semakin mengancam. Pengaruh narkoba tidak lagi hanya di kota. Bahkan menyentuh ke desa.

‘’Kuncinya tetap menjaga dan memberi pendidikan yang baik bagi anak-anak demi masa depan yang cemerlang dan terhindar Narkotika,’’ imbuhnya.

Sementara Ketua Panitia, Adreas Hardi, S.Pd, M.Pd mengatakan iman Katolik di Simpang Dua sudah tumbuh dan berkembang sejak 1957. Dalam perjalananya, ajaran gereja Katolik selaras dan sejalan serta cocok dengan adat budaya yang sudah ada. Dengan demikian masyarakat adat menerima ajaran gereja Katolik sebagai pedoman hidup, dengan tidak meninggalkan budaya yang ada dalam masyarakat. Menyempurnakan budaya tersebut sesuai dengan ajaran gereja katolik, dalam bentuk inkulturasi antara adat budaya dan liturgi gereja katolik.

Sementara itu, usai pemberkatan  gedung gereja Uskup Keuskupan Ketapang Pius Riana Prapdi mengatakan pemberkatan gereja Simpang Dua, merupakan peristiwa syukur atas keselamatan dan sekaligus panggilan menjadi tanda keselamatan bagi semua orang. Pemberkatan gereja berarti memohon kepada Tuhan agar kebaikan Tuhan atas umatnya menjadi berkat bagi seluruh ciptaan.

Pius Riana menambahkan pemberkatan gereja merupakan panggilan menjadi tanda keselamatan dengan melakukan hal-hal yang baik. Kebaikan yang tumbuh dan terus berkembang adalah kebersamaan. Kebersamaan dimaksud adalah jalinan kerjasama antara iman, umat, guru, katekis, tokoh-tokoh adat masyarakat yang sejak semula menerima iman Katolik dan menjadi sekarang seperti sekarang ini.

Dalam kebersamaan itu berkembang sikap saling pengertian, kerelaan untuk berbagi, ketulusan untuk saling membantu, kesabaran untuk saling memahami, kamauan untuk saling menguatkan, tutur Uskup . (humasprov)

Berita Terkait