Ingatkan Korpri tak Berpolitik

Ingatkan Korpri tak Berpolitik

  Kamis, 24 May 2018 10:00
KORPRI : Musyawarah pengaktifan kembali organisasi Korpri yang diadakan di Gedung Kopri Putussibau, Selasa (22/5).FOTO MUSTA'AN

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Hulu Muhammad Sukri mengingatkan agar Korps Pegawai Republik Indonesia (Kopri) tidak berpolitik. Korpri, ditegaskan dia, agar tetap netral dalam demokrasi. 

"Di samping bagian dari pemerintah, organisasi ini berdiri sendiri. Pengurusnya tidak boleh terlibat partai," tegas Sekda saat membuka Musyawarah Kabupaten Korpri, Pemilihan Dewan Pengurus Korpri di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu periode 2016 – 2021 di Gedung Korpri Putussibau, Selasa (22/5).

Diungkapkan dia jika pada Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN), keberadaan organisasi ini sudah diatur. Korpri, ditegaskan dia, harus diaktifkan lagi untuk membantu mengatasi permasalahan pemerintah saat ini. Sekda menambahkan, untuk tingkat pusat, Korpri telah membentuk lembaga hukum untuk pendampingan ASN yang tergabung di dalamnya. 

Kopri, dipertegas dia, adalah mitra pemerintah. Korpri diharapkan dia, pencitraannya harus bagus, di mana kehidupannya adalah untuk pengabdian pada negara. "Korpri pendukung kebijakan pemerintah langsung, ini berlaku dari orde lama dan baru," tuntas Sekda.

Sekda menuturkan bahwa di Kalbar ini masih begitu banyak kabupaten/kota yang belum melakukakn penyegaran pengurus. Maka, dia menambahkan, Pemprov Kalbar meminta setiap kabupaten melakukan penyegaran organisasi tersebut.

Sekda mencontohkan, banyak organisasi profesi, di antaranya Ikatan Bidan Indonesia dan Persatuan Guru Republik Indonesia yang tetap eksis dalam berbagai kegiatan, sementara Kopri hilang. "Maka Pemerintah Pusat lakukan pemberdayaan kembali terhadap Kopri," ucap Sekda.

Musyawarah Kabupaten Korpri, Pemilihan Dewan Pengurus Korpri di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu periode 2016 – 2021ini sendiri diikuti puluhan pejabat eselon III. Hadir dalam kegiatan yang di-leadingsectori Badan Kepegawaian dan Pemgembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas Hulu itu.

Kepala BKPSDM Kapuas Hulu, Sarbani, menuturkan, masa bakti pengurus organisasi Korpri sebelumnya sudah habis, sehingga perlu pembentukan pengurus baru. Korpri, menurut dia, tetap melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Bumi Uncak Kapuas. "Dalam Kepres Sekretariat Korpri harus eselon III, untuk Sekre di bisa di BKPSDM dan BKD," tuturnya. (aan)

Berita Terkait