Infrastruktur Buruk

Infrastruktur Buruk

  Kamis, 3 January 2019 16:32
DITANDU: Infrastruktur buruk, membuat orang sakit mesti ditandu ke rumah sakit.

Berita Terkait

Pergi ke RS Harus Ditandu‎

PUTUSSIBAU - Kabupaten Kapuas Hulu dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto lengkap dengan narasi di media sosial Facebook tentang buruknya infrastruktur jalan di Dusun Tanjung Harapan (Predit) Ke Desa Mubung Kecamatan Hulu Gurung.

Dalam sosmed yang dibagikan oleh “Info Kalimantan Barat” ini menyebabkan warga harus menandu orang sakit akibat dari buruknya sarana infrastruktur di sana. Informasi tersebut sudah dibagikan lebih dari 128 kali.

Menanggapi postingannya tersebut, Kepala Bidang Fisik Prasarana dan Pengembangan Wilayah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kapuas Hulu Budi Prasetyo menyampaikan, jalan darat tersebut sepanjang 7 kilometer, penghubung antara Dusun Tanjung Harapan dengan Desa Mubung Kecamatan Hulu Gurung merupakan kawasan hutan produksi terbatas.

“Sehingga sulit untuk menuju wilayah tersebut,” katanya, kemarin.

Dimana untuk membangun infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan di wilayah tersebut harus terlebih dahulu mengurus ijin pinjam pakai kawasan hutan ke kementrian terkait.

“Kami telah mengusulkan untuk semua infrastruktur jalan dikeluarkan dari kawasan hutan, melalui program Penyelesaian Penguasaaan Tanah dalam Kawasan Hutan) tahun 2018,” terannya.

Budi berharap usuluan tersebut pada tahun ini dapat segera disetujui oleh pemerintah pusat, diakuinya, Dusun tersebut selama ini merupakan dusun yang terisolir di Kecamatan Hulu Gurung.

“Hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor dan kondisi jalannya memang sangat rusak parah,” terangnya.

Selain itu, disana juga terdapat jembatan gantung yang tidak bisa dilintasi oleh kendaraan roda empat seperti mobil.

“Terkait pembangunan jalan di wilayah itu merupakan kewenangan dari Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya Kapuas Hulu,” terangnya.

Dusun Tanjung Harapan tersebut dijelaskan Budi, dihuni oleh sekitar 35 kepala keluarga (KK). Jalan Desa tersebut dari mulai dibuka sampai saat ini belum pernah dilakukan peningkatan.

“Makanya wajar jika kondisi jalan disana saat ini rusak parah dan susah dilalui,” tuturnya.

Budi juga mengungkapkan, disana saat ini sudah ada jaringan listrik menggunakan PlTMH yang dibangun pada 2017 lalu. Untuk faasilitas umum seperti Sekolah Dasar (SD), Masjid sudah ada.

“Poskesdes belum ada disana karena letaknya yang berada di Desa Mubung,” tutupnya. (arf)

Berita Terkait