Indro Warkop Jadi Alien

Indro Warkop Jadi Alien

  Rabu, 1 Agustus 2018 14:08
CHEMISTRY KUAT: Tora Sudiro dan Indro Warkop disatukan lagi dalam film. Kali ini berjudul Gila Lu Ndro yang akan tayang 13 September nanti. IMAM HUSEIN/JAWA POS

Berita Terkait

Make-up Prostetik Nyaris Seluruh Wajah

 
JAKARTA – Trailer Gila Lu Ndro dibuka dengan sebuah pesawat luar angkasa yang mendarat di bumi. Alien (Indro Warkop) atau yang biasa disapa Al adalah makhluk luar angkasa yang sedang mencari kedamaian di bumi karena planetnya kerap diwarnai keributan, kesenjangan, dan masalah sosial. Al bertemu Indro (Tora Sudiro) dan diajak berkeliling Jakarta.

Tetapi, dalam perjalanan itu, mereka melihat bahwa masalah di planet Al juga terjadi di bumi. Terlambat pulang dengan alasan mengantar Alien, Indro dimarahi istrinya (Mieke Amalia). ”Gila lu, Ndro,” kata sang istri. Bisakah Indro meyakinkan sang istri bahwa dirinya benar-benar bertemu Alien. Akankah Al menemukan kedamaian dan kebahagiaan yang dia cari?

Gila Lu Ndro merupakan drama-komedi terbaru keluaran Falcon Pictures yang bakal rilis 13 September. ”Saya senang dengan idenya. Bercerita tentang keadaan bumi, tapi sudut pandangnya dibalik,” tutur Indro Warkop dalam peluncuran trailer di Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin malam (30/7).

Berperan sebagai alien (yang kebetulan namanya Alien), komedian senior itu harus mengenakan kostum dan make-up prostetik sepanjang syuting. Tampilannya benar-benar berubah drastis. Dengan kostum silver-biru metalik yang berkesan futuristis, bentuk kepala dan dahi lebih tinggi, daun telinga lebar, dan hidung mengembang. Juga, telapak tangan dengan jari-jari yang besar.

Butuh perjuangan berat saat didandani sebagai alien. ”Ini rasanya panas banget, di dalam keringetan,” ungkap Indro yang selama wawancara tetap dalam kostum dan make-up prostetik agar terlihat seperti alien.

Detail make-up prostetik Indro Warkop dikerjakan Adi Wahono, sang make-up special effect dalam film itu. Nyaris seluruh wajah Indro dilapisi make-up prostetik dari bahan silikon yang terdiri atas bagian-bagian terpisah. ”Ada dahi, kepala belakang, hidung, sepasang telinga, kumis, jenggot, dan sepasang tangan,” urai Adi.

Semua bagian itu dicetak berdasar desain yang sudah dibuat. Adi bekerja sama dengan Orlando Bassi yang spesifik mengerjakan prostetik dan wig di Bali. Setelah semua jadi, barulah proses pemasangan. ”Untuk menempelnya di wajah, perlu tiga jam,” terang pria yang sebelumnya dipercaya menggarap make-up special effect dalam film Warkop DKI Reborn, My Stupid Boss, dan Surat Kecil untuk Tuhan.

Untuk menempelnya, diperlukan lem khusus. Kemudian, warna kulit yang tidak tertutup make-up prostetik, yaitu pipi, perlu disamakan. ”Bahan silikon sangat lentur, ketika Om Indro mengernyit, di dahi prostetiknya muncul kerutan. Tampak natural,” papar Adi.

Selain lentur, teksturnya mudah robek. Maka, set prostetik untuk bagian wajah dan kepala itu hanya sekali pakai. ”Syuting selama 25 hari. Jadi, kita pesan 25 set,” ucapnya. Ditambah untuk keperluan promo, total jadi 27 set dan akan bertambah. Sementara itu, jenggot dan kumis bisa dipakai berulang. Begitu pula prostetik untuk tangan yang menyerupai sarung tangan.

Produser Falcon Pictures Frederica menuturkan, film garapan sutradara Herwin Novianto itu bisa dibilang sebagai spin-off Warkop DKI Reborn. Meski, ceritanya tidak terkait sama sekali dengan kisah dalam Warkop DKI Reborn. ”Om Indro legacy terakhir dari Warkop DKI. Dan chemistry-nya dengan Tora sangat menarik. Maka, kami bikin khusus drama-komedi tentang mereka berdua,” papar perempuan yang akrab disapa Erica itu. (nor/c6/jan)

 

Berita Terkait