IndonesiaNEXT 2018 Pontianak

IndonesiaNEXT 2018 Pontianak

  Kamis, 1 November 2018 10:33
INDONESIANEXT: Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman DEA saat membuka even IndonesiaNEXT 2018 di Auditorium Untan, kemarin. ARISTONO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Tingkatkan Daya Saing Generasi Muda di Tingkat Internasional

PONTIANAK – Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT di Pontianak. Pada tahun ketiga penyelenggarannya, program yang menyasar pada peningkatan keahlian mahasiswa di bidang profesional ini menghadirkan berbagai seminar dan talkshow inspiratif, program sertifikasi, pelatihan communication skill dan digital marketing. 

Usai kegiatan ini diadakan bootcamp sebagai tahapan akhir untuk memilih peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018. Gelaran ini diadakan di Auditorium Universitas Tanjungpura, Selasa, kemarin (30/10). Turut hadir Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman DEA dalam acara itu.

Mengambil tema “Yes, Im The Next”, IndonesiaNEXT 2018 akan diadakan di lima belas kota besar di Indonesia. Pontianak menjadi destinasi kedua setelah. Direktur Human Capital Management Telkomsel, Irfan A Tachrir mengatakan, tahun ini IndonesiaNEXT digelar di lebih banyak perguruan tinggi di Indonesia, sehingga makin banyak mahasiswa yang dapat berpartisipasi dan mendapatkan kesempatan untuk menajamkan kompetensinya.

Pada tahap awal, lebih dari 1000 peserta berpartisipasi dalam seminar inspiratif dan pelatihan digital marketing. Seminar inspiratif yang menghadirkan para pembicara dari praktisi bisnis yang telah sukses, sosokIrfan A Tachrir selaku Direktur Human Capital Management Telkomsel hadir memberikan insight tentang Industri Telekomunikasi saat ini dan kedepan. Ada pula Dedi Suherman selaku CEO Melon Indonesia, merupakan orang asli Kalimantan Barat memberikan insight tentang pemanfaatan produk dan aplikasinya dalam membangun ekonomi digital.

Kemudian ada Yose Rizal selaku Komisaris Telkomsel memberikan gambaran tentang tips dan trik bagaimana spirit meraih sukses di usia muda di era yang serba digital. Dalam seminar ini juga, para peserta mendapatkan pelatihan public speaking dari THREESPEAKERS, yaitu Bayu Oktara, Uli Herdiansyah, dan Hilbram Dunar.

Pelatihan digital marketing akan berlangsung selama tiga hari, dimana peserta akan mendapatkan pelatihan materi sesuai minat yang dipilih sebelum mengikuti ujian sertifikasi internasional. Setelah mendapatkan pelatihan, 400 peserta terpilih akan mengikuti persiapan ujian terkait opsi sertifikasi internasional yang diminati. Kemudian dari 400 peserta sertifikasi, akan dipilih 100 peserta yang mendapatkan scoring sertifikasi terbaik. Tahap selanjutnya adalah pelatihan Communication Skill, dimana akan ditentukan 30 peserta (TOP 30 Area) dari setiap kota berdasarkan nilai sertifikasi terbaik. 

Selama penyelenggaraan IndonesiaNEXT sejak tahun 2016,  Telkomsel telah menghasilkan 4.036 peserta yang mengantongi sertifikasi internasional. Pada kompetisi 2017, tercatat 12.980 mahasiswa dari 529 perguruan tinggi yang melakukan registrasi pendaftaran.

Rektor Untan, Thamrin Usman memuji ajang ini. Menurutnya saat ini dunia sudah sangat berubah, dan perkembangan teknologi maju pesat. Para generasi muda pun dituntut untuk melek dan menguasai hal tersebut. “Untan terus mendorong mahasiswanya untuk menguasai teknologi, termasuk digital. Sejauh ini kami sudah sering mendapat prestasi, baik nasional dan internasional. Mahasiswa kami juga diakui di luar negeri. Semoga ajang ini kembali memunculkan sosok-sosok pemuda yang inovatif dan kreatif,” pungkas dia. (ars)

Berita Terkait