Imbau OPD dan ASN Berinovasi

Imbau OPD dan ASN Berinovasi

  Jumat, 24 May 2019 11:57
H Muhammad Pagi

Berita Terkait

MEMPAWAH - Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Mempawah terus meningkatkan daya saing dan inovasi. Tujuannya untuk meningkatkan akses pelayanan dan keterbukaan informasi publik.

“Saya minta seluruh ASN dan OPD tidak berhenti berinovasi. Terus kembangkan kemampuan dan potensi yang ada untuk mencapai kualitas pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Mempawah,” seru Muhammad Pagi saat melakukan soft launching Sistem Informasi Penyelenggaraan Jalan Kabupaten Mempawah (Simpel Jak Mempawah) di Dinas PUPR Mempawah, belum lama ini.

Menurut Wabup, inovasi dalam pelayanan publik melalui pengembangan sistem informasi harus terus digiatkan. Dia mencontohkan, seperti yang dilaksanakan Dinas PUPR dengan menciptakan Simpel Jak Mempawah merupakan gagasan dan terobosan strategis untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Upaya ini membuktikan pemerintah daerah telah memberikan ruang kepada masyarakat luas untuk ikut serta dalam proses penyelenggaraan jalan di Kabupaten Mempawah. Silahkan masyarakat manfaatkan akses ini dengan sebaik mungkin,” tuturnya.

Lebih jauh, Wabup menjelaskan, UU Nomor 14/2008 tentang keterbukaan informasi publik mewajikan pemerintah pusat dan daerah sebagai penyelenggara program pembangunan dan pelayanan publik untuk memberikan akses dan membuka layanan informasi kepada publik seluas-luasnya.

“Supaya, masyarakat dapat berpartisipasi aktif memberikan sumbangsih saran dan kontrol sosial terhadap penyelenggaraan program kerja pemerintah. Dengan begitu, sasaran dan realisasi program kerja dapat lebih optimal dan maksimal,” pendapatnya.

Karena itu, Wabup mengingatkan, seluruh OPD Pemerintah Kabupaten Mempawah harus mempersiapkan segala fasilitas dan sistem yang mumpuni untuk memenuhi ketentuan ketertbukaan informasi publik dimasa mendatang. Baik itu berkaitan dengan pengelolaan data, penyebarluasan informasi serta lainnya.

“Ditengah tuntutan keterbukaan informasi publik ini, maka langkah-langkah inovatif setiap OPD dan ASN sangat dibutuhkan. Terutama inovasi yang mempermudah penyelenggaraan pekerjaan, merangkut masyarakat luas, menghubungkan antar stakeholder serta memberikan manfaat positif untuk pengembangan dan kemajuan daerah,” tukasnya. (wah) 

Berita Terkait