Imbau Bayar Zakat Melalui UPZ

Imbau Bayar Zakat Melalui UPZ

  Sabtu, 2 July 2016 09:30

Berita Terkait

MEMPAWAH-Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah, Kamaludin, S.Pd.I mengimbau umat muslim atau muzakki untuk menyalurkan zakat fitrah di unit pengumpul zakat (UPZ) terdekat.

Sebab, zakat yang disalurkan melalui UPZ akan diserahkan langsung kepada mustahik atau orang yang berhak menerimanya. Dengan begitu, zakat dari masyarakat dipastikan diterima oleh orang yang berhak mendapatkannya secara merata dan tepat sasaran.

 “Selama ini masih banyak orang yang membayar zakat fitrah tanpa melalui UPZ. Memang tidak ada larangan muzakki menyerahkan zakatnya secara langsung kepada para mustahik, tetapi alangkah baiknya melalui UPZ agar tepat sasaran,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Lebih lanjut Kamal menjelaskan, penerima zakat fitrah atau mustahik ada delapan klasifikasi, yaitu fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan ibnu sabil. Khusus di Kabupaten Mempawah, sebagian besar yang menerima zakat fitrah adalah fakir miskin.

 “Kita juga mengimbau, umat muslim dapat membayar zakat fitrah paling lambat dua hari sebelum lebaran. Selain mempermudah tugas UPZ dalam penyalurannya juga memberikan azas manfaat bagi penerimanya,” jelas Kamal.

Selain soal UPZ, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah mengatur pembayaran zakat fitrah tersebut, yakni berupa beras sebanyak 2,5 kilogram, atau diuangkan sesuai nilai tersebut. Kemenag juga sudah mengelompokkan empat nilai zakat fitrah, berdasarkan harga beras yang dikonsumsi masyarakat, yaitu Rp15.000 per kg, Rp14.000 per kg, Rp12.000 per kg, dan beras Rp10.000 per kg.(wah)

Berita Terkait