Ikuti Pawai Hingga Siapkan Lauk Spesial Sahur

Ikuti Pawai Hingga Siapkan Lauk Spesial Sahur

  Rabu, 16 May 2018 10:43
PAWAI: Sejumlah warga terlihat antusias mengikuti pawai yang digelar menyambut puasa Ramadhan. Fah/Pontianak Post

Berita Terkait

Semangat Sambut Ramadhan

SAMBAS - Umat Islam di Kabupaten Sambas, sambut datangnya Bulan Ramadhan. Sejumlah persiapan pun dilaksanakan, sembari menunggu keputusan pemerintah terkait hari pertama puasa di bulan Ramadhan. "Masih menunggu keputusan dari pemerintah, terkait hari pertama puasa, tapi untuk persiapan, kami sebagai umat Islam siap lahir batin dan senang menyambut datangnya Ramadhan," kata warga Sambas, Hj Rusnah, Selasa (15/5).

Persiapan yang dilakukan dirinya bersama keluarga, diantaranya menyampaikan kepada anak dan cucu, terkait banyaknya pahala di bulan Ramadhan. "Sebagai orang tua, kami mengingatkan kembali kepada anak cucu, bagaimana Allah Subhanahu wata’ala menyiapkan pahala yang luar biasa kepada umat Islam yang melaksanakan puasa serta ibadah lainnya, baik yang wajib dan sunah," katanya.

Selain itu, untuk menambah semangat anggota keluarga memulai puasa di hari pertama. Persiapan yang dilaksanakan yakni membeli daging sapi dan sejumlah lauk lainnya. "Biasanya kan sahur pertama itu agak kurang semangat. Dengan menyiapkan lauk yang lain daripada hari biasanya, akan menambah semangat makan sahur sehingga saat melaksanakan puasa pertama, fisik kuat," katanya.

Sementara itu, menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H. Pemkab Sambas melaksanakan pawai ta'aruf. Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc langsung melepas pawai yang diikuti ratusan peserta. "Bulan Ramadhan, adalah bulan yang suci, beribadahlah dengan sebaik-baiknya karena bulan ini penuh dengan berkah," kata Bupati Sambas sebelum melepas pawai. Menurutnya, bulan Ramadhan selain banyak pahala dan keberkahan. Bulan ini juga penuh ketenangan. Sehingga bagi Umat Islam di Sambas, laksanakan ibadah sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya.

"Bagi umat Islam, jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan untuk berlomba-lomba dalam mencari pahala Allah Subhanahu wata’ala. Kemudian dengan semangat Ramadhan, mari berpartisipasi dalam menjaga keamanan, ketenangan dan kedamaian di Sambas. Mari tingkatkan rasa cinta dan kasih sayang kepada sesama, rasa saling menghormati dan menghargai, mari ucapkan dan ungkapkan yang menyenangkan untuk semua orang dan hindari hal-hal yang tidak menyenangkan buat siapapun," katanya.

Pawai ta'aruf diikuti OPD di lingkup Pemkab Sambas hingga di tingkat desa. Kemudian BKMT dihadiri ratusan peserta. Pawai yang mengambil start dan Finish di Kantor Bupati, diikuti mobil yang dihias nuansa Islam. Aparat kepolisian dari Polres Sambas, terlihat menjaga kelancaran pawai dan lalu lintas di rute yang dilalui.(fah)

Berita Terkait