Ikon Sekolah Gratis 12 Tahun Antar Kalbar Juara

Ikon Sekolah Gratis 12 Tahun Antar Kalbar Juara

  Rabu, 30 January 2019 10:56
PENGHARGAAN: Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan Adhi Purna Prima kepada Wagub Kalbar Ria Norsan di ajang APPSI Gubernur Award, Senin (28/1) malam. HUMPRO KALBAR FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Kalbar Raih Penghargaan Adhi Purna Prima

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat meraih penghargaan Adhi Purna Prima di ajang  Asosiasi Gubernur Seluruh Indonesia (APPSI) Gubernur Award di Surabaya, Senin (28/1) malam. 

IDIL AQSA AKBARY, Pontianak

PADA malam penganugerahan yang dihadiri 34 gubernur se-Indonesia itu, Kalbar keluar sebagai pemenang di bidang pendidikan, yakni dengan ikon, 'Sekolah Gratis 12 Tahun'.

Usai menerima penghargaan Wagub Kalbar Ria Norsan yang hadir mewakili Gubernur menyatakan kegembiraannya.  Ia berterima kasih kepada APPSI dan pantia yang telah memilih Kalbar sebagai penerima Adhi Purna Prima Award untuk Bidang Pendidikan. 

Penghargaan ini, menurutnya sebagai kado terindah bagi Pemprov Kalbar karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 provinsi ini. Diraihnya Adhi Purna Prima Award untuk bidang pendidikan ini, tentunya tidak mudah, karena melalui penilaian dan penelitian yang cukup panjang. 

"Dengan diterimanya pnghargaan ini  Pemprov Kalbar tetap berusaha dan tetap konsen dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan," katanya. 

Karena salah satu program pembangunan Kalbar adalah mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan dasar 12 tahun. Yakni memberikan pendidikan secara gratis dari Sekolah Dasar hingga jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri.

"Terutama pada daerah-daerah atau pada wilayah perbatasan, maupun seluruh kabupaten/kota di Kalbar. Saya berharap dengan adanya pendidikan gratis tersebut mudah-mudahan tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena tidak ada biaya," jelasnya. 

Adapun yang masuk nominasi Adhi Purna Prima Award khusus Bidang Pendidikan ada tiga provinsi, yakni Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara. Namun yang berhasil menduduki peringkat utama adalah Kalbar. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo . 

Seperti diketahui, APPSI Gubernur Award diberikan kepada pemerintah daerah sekaligus mengangkat prestasi gubernur. Ini dilatarbelakangi karena selama ini banyak berita yang condong mengandung hal negatif, padahal para gubernur juga sudah bekerja keras untuk memajukan daerahnya. 

Adapun para dewan juri yang ditunjuk untuk menilai terdiri dari JPIP, akademisi, Ombudsman RI dan pakar.(*/r) 

Berita Terkait