Hobi Mahal, Tak Kenal Usia

Hobi Mahal, Tak Kenal Usia

  Rabu, 16 March 2016 09:47
BORNEO TOYS CLUB

Memang benar yang namanyahobi itu nggak mengenal usia, tua atau muda nggak jadi masalah untuk tetap menggemari sesuatu yang sudah menjadi hobi. Kaya salah satu hobi yang satu ini nih, mengoleksi toys model kit seperti gundam plastic model kit atau yang disingkat gunpla. Harga mainan yang satu ini emang nggak bisa dibilang murah seperti mainan biasa yang beli d imamang-mamang guys, jadi wajar aja kebanyakan pengoleksinya justru berlatarbelakang pekerja. Nah, tahu nggak sih kalau di Pontianak ada komunitas yang berisi orang-orang yang menggemari model kits? Here we are, Borneo Toys Club.
By: Diera Grandistasya

Borneo Toys Club (BTC) adalah komunitas yang terdiri dari sekumpulan orang hobi mengoleksi toys model kit seperti gundam, figure kits, dantanks & artillery kits. Komunitas yang terdiri dari 9 admin ini sudah berdiri sejak 1 Mei 2013 dan aktif mengisi event-event pameran lho! Setiap minggu BTC rutin mengadakan weekly gathering, disana tiap member bisa sharing apa aja seputar model kit. 

Proses perakitan gunplay memerlukan kreatifitas, ketelitian dan kesabaran yang tinggi loh, dear, nggak sembarangan orang bisa merakit a little piece menjadi sebuah gunpla yang bisa berdiri tegak. Beberapa faktor ini yang justru menjadi daya tarik penikmatnya. “Kalau udah kecanduan dengan gundam sih, bakalan lupa dengan apa itu pacaran,” cuap Adan, ketua BTC. Namanya juga hobi!

“Harga gunplay sekitar 150 ribu sampai dengan 7 jutaan tergantung dari gradenya,” ujar Gilang, salah satu admin dari BTC ini mengaku menyukai gunpla sejak kecil namun karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, ia terpaksa harus menahan diri sehingga doi baru bisa mengoleksi gunpla 6 tahun belakangan ini. Wow. Harga gunplay memang sesuai dengan grade-nya guys, mulai dari firstgrade (fg), high grade (hg), non grade (ng), master grade (mg), real grade (rg) sampai perfect grade (pg) harganya beragam. Tiap grade memiliki ukuran dan tingkat kedetailan yang berbeda, semakin detail maka harga gundam semakin mahal. By the way sekarang BTC lagi mengikuti lomba Pontianak Gunpla Builder Competition, lho. Tim Z doakan semoga menang deh! Yang mau tanya-tanya atau join bisa kunjungi di facebook : BORNEO TOYS CLUB.**

IN FACT :
Member BTC sering menggunakan istilah ‘makannasikecap’ demi membeli seperangkat model toys kit terbaru.
Borneo Toys Club adalah pecahan dari West Borneo Gundam Indonesia.
Member yang terdaftar di grup FB BORNEO TOYS CLUB mencapai 700 orang lebih. 
-----

Tips Merakit Gunpla ala BTC

  • Perakitan gunplay sebaiknya dilakukan di tempat yang terang.
  • Gunakan tools yang tepat untuk memotong bagian gunpla, lebih baik menggunakan nipper atau alternatifnya bisa menggunakan gunting kuku.
  • Waktu memotong bagian gunpla, sisakan sedikit spru atau bekas potongannya.
  • Hilangkan sisa potongan yang masih tersisa dengan menggunakan cutter secara berhati-hati lalu diamplas.
  • Setelah gunplay selesai dirakit, simpan di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung dan jangan lupa membersihkannya paling tidak seminggu sekali. (dee)