Hindari Tak Sehat, Beli Hewan Kurban Bertanda Peneng

Hindari Tak Sehat, Beli Hewan Kurban Bertanda Peneng

  Kamis, 8 September 2016 20:16

Berita Terkait

PONTIANAK-Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak, Hidayati mengungkapkan selama melakukan peninjauan hewan kurban ke kandang milik penjual sejak 2 minggu lalu, petugas menemukan beberapa hewan tak memenuhi syarat dan berpenyakit ringan. Karena tak memenuhi syarat, petugas tak memberi tanda peneng sebagai syarat bahwa hewan itu layak jual.

"Peninjauan hewan kurban ke pemilik pedagang hewan kurban sudah dilakukan 2 minggu lalu. Hasil pantauan kami, ditemukan beberapa hewan tak penuhi standar diantaranya berpenyakit ringan dan belum memenuhi syarat untuk hewan kurban," ucapnya, Jumat sore.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, 20 persen hewan kurban tak diberi peneng oleh petugas karena tak penuhi standar. Diceritakan saat pemeriksaan dilakukan ada sebagian pemilik hewan menolak diperiksa karena takut tidak laku, namun tak sedikit pedagang yang minta hewannya diperiksakan.

Setelah pemeriksaan hewan kurban di kandang, rencananya Sabtu petugas akan menyisir ke tempat penjualan hewan kurban seperti di pinggir jalan. Hari Minggunya ke masjid-masjid untuk dilakukan pemeriksaan sebelum pemotongan. "Tanggal 12-14 kita ke masjid lagi lakukan pengecekan setelah hewan kurban dipotong," ungkapnya.

Agar informasi ini tersampaikan, pihaknya juga minta bantuan camat lurah di enam kecamatan. Pesannya bagi warga ingin membeli hewan kurban pilihlah hewan yang telah diberi tanda peneng petugas.(iza)

 

Berita Terkait