Hibahkan Barang Hasil Penindakan

Hibahkan Barang Hasil Penindakan

  Senin, 13 May 2019 12:02
hibah: Barang-barang hasil penindakan yang masih bermanfaat dihibahkan.

Berita Terkait

SANGGAU – Belum lama ini, Kantor Bea dan Cukai Entikong menyerahkan hibah barang hasil penindakan periode 2015-2018 senilai Rp145.421.593 kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau. Barang-barang yang dihibahkan antara lain 4.644 paket pestisida, 27 unit alat semprot hama, 1.181 bilah dan satu tas senjata tajam.
 
“Barang-barang ini adalah hasil sinergi bersama, selain penindakan Bea Cukai di PLBN Entikong dan sekitarnya. Ini juga bentuk penegakan fungsi kami sebagai community protector,” ujar Dwi Jogyastara selaku Kepala Bea dan Cukai Entikong.
 
Barang-barang yang dihibahkan adalah barang larangan dan pembatasan impor yang dibawa pelintas batas melalui perbatasan dan tidak dapat diselesaikan kewajibannya oleh pemilik barang sehingga melanggar Undang-undang RI Nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan atas Undang-undang RI Nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan.
 
Asisten III Setda Sanggau, Joni Irwanto mengatakan barang-barang hibah ini akan disalurkan kembali ke kelompok-kelompok tani yang aktif di Kabupaten Sanggau.
 
“Nanti Bupati yang menetapkan. Ini harus menjadi motivasi, bukan berarti mengharapkan terus hibah dari barang sitaan seperti ini. Ini harus dipergunakan sebaik-baiknya dan seefektif mungkin, mudah-mudahan bisa meningkatkan produk tani di Kabupaten Sanggau,” ujarnya.
 
Menurutnya, pencegahan hingga hibah ini adalah wujud komitmen pemerintah Republik Indonesia untuk melindungi produksi dalam negeri, melindungi masyarakat dari ancaman produk ilegal. (sgg)
 

Berita Terkait