Hendryan Minta Pedagang Jaga Kebersihan

Hendryan Minta Pedagang Jaga Kebersihan

  Sabtu, 10 September 2016 09:30
BUAH: Memasuki musim buah berbagai jenis buah lokal dijual oleh para pedagang kaki lima di Kota Singkawang.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Memasuki musim buah, banyak pedagang buah kaki lima saat ini berjualan di pinggir jalan raya pusat Ibu Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

 
 

Ada beberapa jenis buah yang diperjual-belikan dipasaran. Antara lain rambutan, durian, semangka, manggis, dan jeruk. Sehingga perlu adanya kerjasama antara pedagang dan pelaksana teknis kebersihan guna menjaga kebersihan lingkungan.

 

“Kita minta pedagang buah bisa menertiban sampah yang berada di pusat kota. Jangan sampai sampah berantakan. Jadi kami minta ada kerjasamanya menjaga kebersihan lingkungan,” ucap Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Singkawang Hendryan, Jumat (9/9) kepada media ini.

 

Dia mengingatkan kepada pedagang kaki lima yang berjualan dipinggir jalan agar berjualan pada tempatnya. Yakni jangan berjualan di tempat yang di larang oleh pemerintah daerah, seperti badan jalan, jalan protokol dan di jalan yang terpasang papan larangan berjualan di bawah naungan pemerintah Kota Singkawang.

 

Ia menyarankan kepada pedagang kaki lima agar berjualan di tempat yang tidak dilarang pemerintah daerah. Sehingga ketertiban dan keamanan lingkungan dapat terjaga dengan baik. Serta diharapkan kepada pedagang kaki lima memperhatikan dan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini demi menjaga kebersihan lingkungan masyarakat Kota Singkawang.

 

“Kita minta kepada pedagang kaki lima bisa bekerjasama dengan pemerintah. Supaya penataan kebersihan dan ketertiban lingkungan dapat terjaga dengan baik. Ini demi kepentingan kita bersama dalam memajukan pemerintahan daerah Kota Singkawang,” imbuh Kadisperindagkop dan Ukm Kota Singkawang.

 

Kepala UPT Kebersihan Kota Singkawang H Rustam Effendi menambahkan menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tugas dari pasukan kuning yang berada di bawah naungan Dinas Kebersihan Kota Singkawang. Tetapi kebersihan lingkungan merupakan tugas bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat Kota Singkawang.

 

“Kita minta kebersihan lingkungan ini bisa kita jaga bersama-sama. Jika ada sampah baik dari pedagang maupun dari warga. Yakni buanglah sampah itu pada tempatnya. Supaya kebersihan lingkungan bisa tertata dengan baik,” paparnya.

 

Dia menyampaikan kebersihan lingkungan sekitar pasar selama ini kurang diperhatikan oleh masyarakat. Sehingga dibutuhkan kesadaran bersama guna menciptakan lingkungan yang bersih dan indah di wilayah pemerintahan Kota Singkawang.

 

Menurutnya menjaga kebersihan lingkungan harus bisa dilaksanakan yakni mulai dari pemukiman rumah penduduk sampai pusat pesar tradisonal. Supaya kebersihan lingkungan tetap terjaga dan terlestarikan dengan tertib dalam kehidupan masyarakat.

 

“Kita minta pedagang bisa bekerjasama dengan pelaksana teknis kebersihan. Apalagi sekarang musim buah, jadi buanglah sampah pada tempatnya. Karena tugas pelaksana teknis dilapangan adalah mengangkut sampah dari tempat penampungan sementara dan membuangnya ke tempat penampungan akhir,” tutup Kepala UPT Kebersihan Kota Singkawang. (irn)

Berita Terkait