Heboh Penemuan Bedil Kuno

Heboh Penemuan Bedil Kuno

  Sabtu, 17 February 2018 11:00
BEDIL TEMBAGA: Bedil tembaga kuno yang diperkirakan berusia ratusan tahun, ditemukan warga di Sungai Boyan, Kecamatan Boyan Tanjung, beberapa waktu lalu. MUSTA'AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Diperkirakan Berusia Ratusan Tahun

NANGA BOYAN – Dua minggu lalu warga Desa Boyan Tanjung, tepatnya di Dusun Karang Raya, dihebohkan penemuan satu unit bedil tembaga kuno. Penemuan bedil kuno ini terjadi ketika warga setempat menambang emas di Sungai Boyan dengan kedalaman kurang lebih 30 meter dari dasar sungai.

Menurut Akhir Permana, penemuan bedil bersejarah tersebut sempat menghebohkan warga setempat. Apalagi benda kuno yang diperkirakan berusia ratusan tahun itu diperkirakan dia bernilai ekonomi tinggi. "Yang menemukan bedil tembaga kuno itu Sopian dan kawan-kawannya," terang Akhir.

Dikatakan Akhir, bedil berbahan tembaga tersebut ditemukan dalam tanah Kampung Swaya atau Karang Raya lama. Saat ditemukan, menurut dia, warga ketika itu tengah menambang emas di Sungai Boyan. Saat ini dipastikan dia jika benda kuno itu masih disimpan warga setempat. "Kalau ada yang minat beli mungkin dijual oleh pemilik," kata dia.

Bedil tersebut, kata Akhir, sudah dilihat banyak orang dan diperkirakan usianya sudah ratusan tahun. "Kalau melihat fisik bedilnya, memang bedil kuno dan usianya sudah ratusan tahun," tuturnya. 

Selain bedil kuno, waga Nanga Boyan juga pernah menemukan benda kuno lainnya. Dan benda itu, diakui dia, usianya juga sudah ratusan tahun.

"Yang ditemukan warga Nanga Boyan juga benda kuno bahan tembaga. Mungkin sepanjang Sungai Boyan masih banyak benda serupa," jelasnya. Sebab, sambung dia, sudah banyal benda kuno ditemukan warga yang sedang menambang emas. Penemuan yang dimaksud dia baik di sungai maupun di daratan di sepanjang Sungai Boyan dan sekitarnya. (aan)

Berita Terkait