Harus Tetap Waspadai Tamu

Harus Tetap Waspadai Tamu

  Selasa, 16 April 2019 10:49

Berita Terkait

Juventus vs Ajax Amsterdam

 JUVENTUS.-  Menjamu Ajax Amsterdam di Allianz Stadium pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 2018/19, Rabu (17/4) Juventus harus tetap mewasapdai tamunya. Karena Ajax sebelumnya sukses menyingkirkan juara bertahan Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions saat bertandang ke Santiago Bernabeu. Ronaldo, yang telah mencetak 8 gol dalam 6 penampilan melawan Ajax, disimpan oleh pelatih Massimiliano Allegri saat main tandang kontra SPAL di Serie A akhir pekan kemarin. Juventus mencetak satu gol lewat Moise Kean, tapi kalah 1-2 dan kehilangan tiga poin.Juventus harus menunda pesta Scudetto mereka, tapi Allegri tak mempermasalahkannya. Allenatore Juventus Massimiliano Allegri kemudian mencatat secara khusus tingginya angka produktivitas Kean itu. Meski tak besar, Kean punya kans tampil sebagai starter pada leg kedua perempat final Liga Champions dini hari nanti (17/4) melawan Ajax. 

“Memang dia (Kean, red.) dalam angka produktivitas yang bagus. Namun dia terlihat sedikit lelah dan jika sudah demikian saya memilih untuk menariknya keluar lapangan,” kata Allegri dalam pre match press conference kemarin (15/4). 

Alllegri menambahkan memang ada desakan mengganti Mario Mandzukic yang sejauh ini baru menciptakan satu gol. Akan tetapi eks allenatore AC Milan itu berdalih Kean punya tipe permainan yang beda dengan Kean. 

“Saya akan mengevaluasi apa yang harus saya lakukan dan siapa yang saya pasang beberapa waktu sebelum leg kedua dimulai. Dan saya bersyukur punya pemain seperti dia (Kean, red.) yang siap melakukan apapun,” ucap Allegri. 

Nah, Paulo Dybala yang bertandem dengan Kean ketika lawan SPAL 2013 menurut Allegri juga akan dievaluasi. Dybala harus tampil lebih bagus, menjaga kebugaran tubuhnya, dan siap bermain di laga apapun. 

Trio lini depan andalan Allegri sejauh ini adalag Federico Bernardeschi-Mandzukic-Ronaldo. Namun dengan melihat performa Kean, bisa saja trio itu bergeser. Posisi Mandzo, sapaan Mandzukic, diganti oleh Kean.

Yang penting, Ronaldo dan beberapa pilar lain yang diistirahatkan bisa bugar maksimal saat menghadapi Ajax. Keane maupun Paulo Dybala juga disinyalir punya kans untuk main dari menit awal.Jika ada yang sedikit memusingkan Allegri, mungkin itu adalah kondisi bek sentral dan kapten Giorgio Chiellini. Andai gagal fit tepat waktu, posisinya mungkin akan diisi oleh Daniele Rugani.Siapa pun yang dimainkan, mereka tak boleh lengah, apalagi meremehkan Ajax. Real Madrid sudah jadi 'tumbal' permainan impresif anak-anak asuh Erik ten Hag di babak sebelumnya. Juventus tentu tak mau bernasib sama."Ajax selalu bermain dengan cara yang sama, tak peduli kandang atau tandang," kata Allegri. "Itu artinya kami harus bermain dengan baik dan respek pada mereka. Ini akan menjadi laga sulit melawan tim yang sangat impresif," tambahnya.Akhir pekan kemarin, Ajax menang telak 6-2 dalam laga kandangnya melawan Excelsior di Eredivisie Belanda. Klaas-Jan Huntelaar mencetak hat-trick, Dusan Tadic menyumbang dua gol, sedangkan Kasper Dolberg mencetak satu gol tak lama setelah turun dari bangku cadangan.Gelandang andalan Ajax, yakni Frenkie de Jong, mengalami masalah hamstring di laga tersebut dan kondisinya meragukan untuk laga kontra Juventus. Namun jika tidak parah, dia bisa saja main penuh.Hasil imbang 1-1 di Amsterdam membuat peluang kedua tim masih sama-sama terbuka. Kesalahan sekecil apa pun dalam duel seketat ini bisa berakibat fatal. Siapa yang mampu menjaga fokus hingga wasit meniup peluit panjang, dialah yang akan berpesta.(dra/int)

 

 

Berita Terkait