Harus Punya Ide Usaha di Hari Pertama Ngampus

Harus Punya Ide Usaha di Hari Pertama Ngampus

  Rabu, 15 Agustus 2018 10:00
SEMANGAT: Sebanyak 750 mahasiswa baru FEB Untan menyesaki Aula BI Kalbar, kemarin. Mereka dibekali materi soal perbankan oleh tim bank sentral. ARISTONO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Tidak kurang 750 mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak memenuhi Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, kemarin (14/8). Selama seharian mereka mengikuti, rangkaian program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) ini. “Kami sangat mendukung program ini. Karena mahasiswa ekonomi wajib mengenal Bank Indonesia. Kami berikan juga materi kebanksentralan,” ujar Kepala BI Kalbar Prijono.

Pihaknya memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa tentang bank sentral, baik dari segi tugas maupun fungsinya sebagai bank sentral. Karena banyak juga yang belum tahu tentang BI sebagai regulator, dan menyamakannya dengan perbankan umum yang komersial. Selain itu dibeberkan peran BI dalam bidang monter dan pengendalan inflasi.

Sementar itu, Rektor Untan Prof Dr Thamrin Usman DEA yang hadir dalam pembukaan program itu mengatakan, pihak kampus berusaha mendekatkan maba dengan sumber pengetahuan praktisnya. “Jadi mereka tidak hanya tahu BI dari buku atau televisi saja. Tetapi datang langsung ke institusi ini. Mendengar dan melihat langsung dari sumbernya,” sebutnya. 

Adapun Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan, Prof. Dr Eddy Suratman memaparkan, seminar ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan  elama tiga hari. Tujuannya sebagai persiapan mereka memasuki dunia kampu. Kegiatan pembekalan bagi mahasiswa baru ini juga ditujukan untuk  mempercepat  adaptasi  dengan  lingkungan  yang  baru dan  menjadi  bekal  keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi. 

Perploncoan dan intimidasi mahasiswa senior terhadap juniornya kerap mewarnai even Ospek. Namun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura memilih cara lain.  Alih-alih mengerjakan permintaan aneh dari para seniornya, ratusan mahasiswa baru Fakultas FEB Untan malah dimunta mengikuti seminar dalam rangkaian penyambutan di BI.

Kegiatan ini untuk mengenalkan disiplin ilmu ekonomi kepada para mahasiswa baru. Selain itu, acara ini ingin memotivasi kepada para maba bagaimana menjadi mahasiswa yang berkualitas, mandiri, serta merangsang kreativitas mereka. Karena di tangan merekalah kelak nasib bangsa ditentukan. 

“Kami kemas PKKMB ini dengan cara yang berbeda. Lebih sesuai konteks keilmuan dan kekeluargaan. karena kita lebih mengedepankan akses pendidikan dengan rasa kekeluargaan. Hari ini mahasiswa baru mendapatkan materi semunar di BI, besok mereka akan mengikuti kegiatan di kampus dan hari Kamis nanti akan ada pembekalan di PCC," tuturnya.

Pihaknya juga memberikan pandangan tentang dunia kerja kelak. Menurutnya Maba FEB tidak boleh hanya terserap oleh kantor pemerintahan dan swasta saja. Melainkan juga sudah sejak dini memiliki ide untuk membuka lapangan usaha sendiri. (ars)

Berita Terkait