Harmonis dalam Keberagaman

Harmonis dalam Keberagaman

  Senin, 19 February 2018 14:06
IMLEK: Calon gubernur Kalbar Milton Crosby memberikan angpao kepada barongsai saat menghadiri perayaan Imlek | IST

Berita Terkait

Milton Crosby-Boyman Harun

CALON Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 1 Milton Crosby ikut menghadiri perayaan Imlek dengan bersilaturahmi ke kediaman  warga Tionghoa  yang merayakan. Kunjungan Imlek sudah rutin Milton lakukan sejak lama. Bukan hanya kebetulan saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Kalbar. Namun jauh sebelumnya persaudaraan selalu dibangun dengan berbagai kelompok masyarakat.

Bagi Milton, keberagaman adalah modal sosial dalam membangun. Perbedaan bukan penghalang membangun keharmonisan. Malah justru harus senantiasa tercipta. Satu sama lain saling menghargai. Keberagaman menjadi sangat penting untuk saling melengkapi.

Silaturahmi sesama anak bangsa bagi Milton begitu penting. Banyak persoalan bisa dibicarakan. Saling tukar pikiran. Hubungan terajut dengan baik. Sehingga keakraban menjadi dapat terbangun. Sesama elemen bangsa disebutnya perlu saling menghargai. Begitu juga dengan perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa.

Milton mengatakan, saat masih menjabat Bupati Sintang sudah terbiasa mengunjungi masyarakat Tionghoa yang merayakan Imlek. Kunjungan dari satu rumah ke rumah yang lain. Hal yang sama dilakukannya saat perayaan hari raya keagamaan yang lain. Lebaran misalkan. Sementara saat Natal, Milton rutin menggelar open house kendati sudah tidak lagi menjabat.

Menurut Milton, Kalbar adalah rumah besar bagi semua kelompok masyarakat. Tanpa membedakan suku dan agama. Semuanya mempunyai peran penting untuk mengisi kemajuan Kalbar. Saling bahu membahu sesuai kemampuan yang dimiliki. Kalbar disebutnya tidak dapat dibangun kalau mengendepankan semangat identitas kelompok. Tapi semangat keberagaman dan keharmonisan merupakan modal penting sesungguhnya.

Menurut Milton, Kalbar membutuhkan masyarakat yang produktif, berdaya saing dalam mengejar kemajuan. Kedepan, Kalbar harus bergerak maju. Banyak persoalan perlu dibenahi bersama agar percepatan pembangunan dapat dicapai. Ia sendiri dengan konsep Kalbar era baru komitmen membangun Kalbar dengan berbagai program yang ditawarkan.

Milton mengatakan, penataan infrastruktur menjadi kebutuhan penting untuk kelancaran distribusi barang dan menyokong keberadaan pelabuhan. Penataan pemerintahan atau pembentukan daerah otonomi baru (DOB) juga akan menjadi prioritas bagi pasangan Milton-Boyman Harun ini. Kalbar disebut Milton bisa dimekarkan menjadi tiga provinsi. Dengan kawasan geografis yang begitu luas, pembentukan DOB dianggap sudah menjadi kebutuhan dalam mengejar percepatan pembangunan. (stm) 

Berita Terkait