Hari Pertama Sekolah di Sambas, Sejumlah Lokasi Jadi Penyumbang Kemacetan

Hari Pertama Sekolah di Sambas, Sejumlah Lokasi Jadi Penyumbang Kemacetan

  Selasa, 8 January 2019 10:41
MENGALAH: Sejumlah truk pengangkut sawit melintas di Jembatan Batu. Para pengemudi kendaraan lainnya pun harus sabar mengantre. Kemacetan di jembatan ini kerap terjadi, terutama saat pagi di hari kerja. OZY/Pontianak Post

Berita Terkait

SAMBAS –Paska libur sekolah akhir tahun lalu, sejumlah ruas jalan dan jembatan di Kabupaten Sambas, Senin (7/1) pagi mulai dipadati pengguna jalan. Kemacetan panjang tak terlelakkan. Sejumlah petugas Satlantas Polres Sambas juga terlihat bersiaga di sejumlah titik.

Seperti pantauan Pontianak Post, Senin(7/1) sekitar pukul 06.30 hingga pukul 07.00 WIB. Jembatan Batu, dipenuhi pengendara mobil dan motor melintas termasuk kendaraan truk pembawa buah sawit. Pengendara pun harus rela macet, sekitar beberapa menit. Begitu juga pantauan di Jalan Pendidikan. Sejumlah titik, terutama mulai dari Pasar Pagi hingga simpang tiga Kantor Camat Sambas, juga ramai pengendara motor yang didominasi para orang tua yang mengantar anaknya sekolah maupun pelajar yang mengendarai motor menuju ke sekolah.

Kemacetan kembali terlihat di ruas jalan antara depan SMA Negeri 1 Sambas hingga simpang tiga arah Jalan Sejangkung. Petugas Satlantas pun harus kerja keras mengatur arus lalu lintas, karena di tempat tersebut, pelajar, mahasiswa dan masyarakat ramai melintas.

Situasi ini cukup berbeda, selama masa libur sekolah kemarin. Dimana ruas jalanan tersebut tak begitu ramai dilintasi pengendara kendaraan. “Kalau hari libur sekolah, mana ada macet-macet seperti ini. Ini akan terjadi ketika pagi hari, dimana orang tua mengantar anaknya ke sekolah, pelajar berkendara berangkat sekolah maupun warga yang pergi ke tempat kerjanya masing-masing,” kata Nani, warga Sambas.

Bahkan, guna menghindari kemacetan seperti ini. Nani, saat mengantar anaknya ke sekolah. Tak melewati jembatan Batu. “Kadang saya memilih lewat Pasar kemudian jembatan asam, kemudian lewat istana, jembatan Sabok dan ke Mentawak,” katanya. Sementara itu, memasuki masa sekolah paska ibur semester. Sejumlah sekolah belum menerapkan jam pelajaran penuh. Kebijakan tersebut diterapkan hingga Selasa (8/1), setelahnya jam pelajaran penuh akan mulai diterapkan.(fah) 

Berita Terkait