Hari Pertama Diklaim Lancar

Hari Pertama Diklaim Lancar

  Selasa, 23 April 2019 11:12
SIAGA: Personel Sabhara Polres Landak menjaga jalannya proses Rapat Pleno di kantor camat Ngabang, Senin (22/4). ISTIMEWA

Berita Terkait

Pleno Kecamatan

NGABANG – Rapat Pleno penghitungan surat suara tingkat kecamatan di Kabupaten Landak dimulai Senin (22/4). Dijadwalkan selesai pada Jumat (26/4) mendatang, rapat pleno dimulai dengan penghitungan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden.

Ketua Bawaslu Landak, Petrus Kanisius mengatakan, rapat pleno akan dilakukan secara bertahap. Mulai dari Pilpres, DPD, DPR, DPRD provinsi hingga DPRD kabupaten. “Sebagian sudah melaksanakan pada hari ini (red, Senin). Lainnya akan menyusul Selasa,” katanya, Senin (22/4).

Dari pantauan pihaknya pleno di tingkat kecamatan terpantau lancar hingga Senin (22/4) siang. Di Kecamatan Ngabang, belum ada sanggahan atau komplain dari tim pemenangan masing-masing paslon. “Apabila ada sanggahan pun harus diselesaikan ketika pleno itu. Setelah sepakat, baru dilanjukan ke surat suara lainnya,” katanya.

Berdasarkan pantauan Pontianak Post, pelaksanaan pleno pilpres di kantor camat terbilang lancar. Polres Landak pun menurunkan sejumlah anggotanya lengkap dengan senjata laras panjang untuk mengamankan rapat. Kasat Sabhara Polres Landak IPTU Joko Prakoso, patroli bersenjata diperlukan dalam hal menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Terlebih dalam situasi siaga satu ini. Dengan patroli ini, pihaknya pun dapat memonitor perkembangan situasi di lapangan, sehingga apabila ada gejolak ataupun eskalasi di lapangan kita dapat meredam ataupun menghendel terlebih dahulu hal tersebut.

“Patroli ini kita lakukan bertujuan untuk mencegah semua hal hal yang dapat menyebabkan gangguan kamtibmas, kita juga sekaligus memonitor situasi saat ini yang berkembang di lapangan, karena memang betul kita lebih baik bekerja dalam upaya preventif ( pencegahan ) dari pada kita harus melakukan upaya represif kelak,” katanya.

Patroli siang itu pun menyasar sejumlah titik, yakni gudang Logistik pemilu, Kantor KPU Landak dan kantor Bawaslu Landak. Serta kantor Camat Ngabang yang menjadi lokasi rapat pleno. “Lokasi itu kami pilih dari asas kerawanan tempat-tempat tersebut memiliki tingkat ancaman yang besar pasca tahap penghitungan suara,” tutupnya. (mif)

Berita Terkait