HARI GINJAL SE DUNIA; Yuk..Kenali Gejala Ketika Ginjal Mulai Terganggu

HARI GINJAL SE DUNIA; Yuk..Kenali Gejala Ketika Ginjal Mulai Terganggu

  Kamis, 8 March 2018 08:37

Dunia memperingati Hari Ginjal setiap tanggal 8 Maret. Maka, seluruh masyarakat dunia diajak untuk lebih sadar tentang kesehatan dan sayang dengan ginjalnya.

Manusia sendiri memiliki dua ginjal di bagian pinggang. Di tahap awal, gejala penyakit ginjal memang tidak nampak gejala yang spesifik. Namun, jika sudah menunjukkan gejala yang khas, seseorang  bisa sampai harus cuci darah.

Kerusakan ginjal total dan tak dapat disembuhkan disebut dengan End Stage Renal Disease (ESRD) atau Gagal Ginjal Tahap Akhir (GGTA). Pasien dengan GGTA menderita kondisi permanen jika fungsi ginjalnya hilang maka tidak dapat disembuhkan.

Saat ginjal berhenti berfungsi, tubuh akan mengalami kondisi keracunan karena terisi oleh kelebihan air dan limbah produk.

Kondisi ini disebut uremia, mengakibatkan pembengkakan di tangan dan kaki sementara pasien akan merasa letih dan lemas. Bila tak segera ditangani, uremia dapat mengakibatkan kejang-kejang atau koma, dan berakhir dengan kematian. Dalam hal ini, pasien harus menjalani perawatan dialisis atau transplantasi ginjal, karena strategi manajemen konservatif tidak cukup untuk menyelamatkan nyawa.

Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Yulia menjelaskan ujung dari kerusakan ginjal juga disebut sebagai Gagal Ginjal Terminal (GGT) atau dalam bahasa Inggris disebut Chronic Kidney Disease (CKD). Saat seseorang sudah mengalami tahap ini menunjukkan gejala yang khas. 

“Di awal-awal gejalanya tak sepesifik, tergantung penyebabnya apa. Awalnya didahului dengan rasa nyeri, kadang di salah satu ginjal kadang di dua-duanya tergantung lokasinya," kata Edukator Diabetes FIK UI itu kepada JawaPos.com, Rabu (7/3).

Maka, Yulia menjelaskan sejumlah gejala khas saat penyakit ini sudsh sampai tahap akhir. Seseorang pasti harus melakukan cuci darah atau dialisis.

Nyeri
Awalnya biasanya penderita mengalami nyeri. Lalu kalau sudah ada batu biasanya nyeri saat buang air kecil.

Kaki Bengkak
Jika sudah berat, kaki penderita penyakit ini bengkak. Kondisi ini akan menetap meski sudah berbaring.

Kesadaran Menurun
Seseorang yang mengalami gagal ginjal kesadarannya menurun, gampang lemas, dan wajahnya pucat.

Sesak Napas
Lebih berat lagi orang tersebut bisa mengalami sesak napas, karena cairan di dalam tubuh tak bisa keluar bahkan menumpukdi paru-paru.

Bisa Meracau
Cairan seperti urin harus dari tubuh. Cairan tersebut banyak mengandung racun yang harus disaring oleh ginjal. Jika ginjal rusak berarti tidak dapat menyaring racun dan tetap ada di dalam darah. Akibatnya racun tersebut bisa masuk ke pembuluh darah yang di otak. Jika sudah parah, orang tersebut bisa meracau atau bicara serta bertindak tak beraturan. Kondisi ini sudah parah dan harus ditangani dengan cuci darah.

(ika/JPC)