Harga Tergantung Kualitas dan Tebal Tipisnya Buku

Harga Tergantung Kualitas dan Tebal Tipisnya Buku

  Jumat, 22 July 2016 09:30
PKL: Pedagang kaki lima musiman memperlihatkan buku tulis Superman dan Spiderman yang laris diburu konsumen di Pasar Tradisonal, Kota Singkawang. AIRIN FITRIANSYAH//PONTIANAK POST

Berita Terkait

 
Memasuki pendidikan tahun ajaran baru, pedagang musiman buku tulis pun bermunculan. Usai lebaran kemarin, mereka, para penjaja buku tulis ini punda sudah terlihat di sejumlah pasasr dan keramaian kota Singkawang.

Airin Fitriansyah, Singkawang

PERMINTAAN buku dan alat tulis melonjak naik. Tak hanya tingkatan anak sekolah dasar, nyaris semua orang tua yang anaknya mulai tahun ajaran baru pasti membutuhkan buku tulis.

Memang, ada sebagian sekolah yang mengadakan buku tulis sendiri. Biasanya bersampul gambar sekolah dan lengkap dengan boks SD, SMP maupun SMA. Tetapi, biar bagaimana pun, buku tulis di luaran tetap diperlukan.

‘’Kan hanya sebagian. Mereka, tetap membutuhkan buku tulis seperti ini kok,’’ ujar Lukman, seorang pedagang. Yang khusus sekolah, ‘’bahan baku’’ nya sama. Pihak sekolah hanya mengganti sampulnya saja. ‘’Biasanya begitu,’’ imbuhnya lagi.

“Sekarang ini banyak anak-anak yang gemar membeli alat tulis dan buku yang unik. Apalagi ada gambar kartun maupun superhero kesayangannya. Seperti Superman dan Spiderman Ini yang banyak di buru orangtua murid untuk anak-anaknya gemar belajar,” ucap pedagang lainnya, Afat (37), Kemis (21/7) kepada media ini.

Dia mengatakan banyaknya pembeli buku dan alat tulis pada saat menjelang anak-anak masuk sekolah maupu anak-anak ingin melanjutkan sekolah baru sesuai dengan jenjang pendidikan. Hasilnya alat tulis dan buku musiman yang dijualnya dipasaran laris manis diserbu pengunjung karena harga terjangkau dan koleksi buku yang dimiliki unik.

Ia menuturkan alat tulis dan buku dijual hanya Rp 10-30 ribu perlusin. Adanya perbedaan harga ini karena dilihat dari ketebalan isi buku yang dijual kepada konsumen. Sehingga buku dan alat tulis yang ditawarkan bervariasi. Tetapi harga tersebut tidak mengurangi kualitas bahan yang dibutuhkan oleh anak-anak yang akan memasuki ajaran baru di sekolah negeri maupun swasta di Kota Singkawang dan sekitarnya.

“Perhari jelang memasuki pendidikan sekolah, buku habis terjual mencapai 300 lusin. Bahkan ada orangtua murid yang memesan untuk kebutuhan anak-anak di sekolah. Karena harga yang dijual lebih murah dan kualitas buku yang ditawarkan tidak mengecewakan konsumen,” ungkapnya saat melayani pelanggan yang akan membeli alat tulis dan buku di Pasar Beringin, Kecamatan Singkawang Tengah.

Pelanggan Buku dan Alat Tulis Andrianus (43) menambahkan harga buku yang ditawarkan oleh pedagang kaki lima musiman tidak jauh berbeda dengan harga yang berada di tokoh buku di Pasar Tradisional Kota Singkawang.

“Harga buku yang dijual di tokoh tidak jauh berbeda. Hanya lebih murah sedikit karena berada di pedagang kaki lima. Selain itu jenis dan variasi buku dan alat tulis berbeda-beda. Yakni tergantung seleran konsumen yang ingin membeli buku untuk kebutuhan anak-anak belajar di sekolah,” ungkap ayah dua anak dari daerah Kabupaten Bengkayang.

Dia mengatakan membeli buku yang berada di sini kualitas buku dan harga dibandingkan di daerah perkampungan jauh lebih murah. Sedangkan motif buku dan alat tulis bervariasi sesuai keinginan anak-anak yang akan memasuki pendidikan sekolah ataupun memasuki tahun ajaran baru.

Ia menuturkan dengan berbelanja langsung di tempat tokoh buku ataupun pedagang buku musiman di kaki lima memberikan banyak pilihan bagi konsumen. Diantaranya perbedaan harga maupun motif buku yang diinginkan anak-anak yang akan memasuki pendidikan sekolah negeri maupun swasta di daerah kabupaten/kota.

“Saya berbelanja buku dan alat tulis langsung ke sini. Harga dan kualitas buku tidak jauh berbeda dengan harga tokoh. Tetapi sebaliknya, harga akan jauh berebda apabila berada di daerah pedalaman. Yakni lebih mahal karena ada hitungan biaya transportasi,” imbuhnya saat berbelanja buku dan alat tulis untuk kebutuhan anak-anaknya bersekolah. (*)

Berita Terkait