Harga Beras Tak Sesuai HET Pemerintah

Harga Beras Tak Sesuai HET Pemerintah

  Kamis, 18 January 2018 11:34
Foto: Tim Satgas Pangan Kota Singkawang saat melakukan survey harga beras ke agen, distributor, hingga pengecer beras di kota Singkawang Kamis (18/1) kemarin.

Berita Terkait

SINGKAWANG--Harga beras di kota Singkawang naik, bahkan kenaikan harga tersebut melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. 

"Kenaikan harga beras dan tidak sesuai HET ini sudah berlangsung seminggu ini di kota Singkawang, " ungkap Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Helmi Aswandi disela sela melakukan survei harga beras di agen maupun tingkat pengecer. 

Sebagaimana ketetapan Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan bahwa HET Beras per kg untuk jenis beras premium Rp 13.300 dan beras jenis medium Rp 9.950,dimana HET beras ini berlaku untuk wilayah Kalimantan termasuk kota Singkawang. "Tapi kenyataannta setelah survei kenaikan signifikan harga beras.  Seperti beras premium harganya mencapai Rp 14.000 per kg, " jelasnya. 

Sementara itu,  Tim Satgas Pangan, Kusnan mengatakan dari survey yang ada terkait beras terjadi kenaikan harga signifikan. "Di tingkat Pengecer menjual jenis beras Premium diatas HET bahkan ada menjual Rp 14.000 per kg, " katanya. Begitu halnya dengan beras jenis medium pun harganya diatas HET.  "Ada juga pengecer jual beras medium alias beras kampung ini harga Rp 10.500 lalu ada juga jual Rp 11.500," katanya.  Hal ini,  kata dia,  akan dilaporkan ke pimpinan untuk diambil langkah selanjutnya. (har) 

Berita Terkait